Plt Bupati Himbau Masyarakat Di daerah Bantaran Sungai Agar Selalu Waspadai Cuaca Hujan

Plt Bupati Himbau Masyarakat Di Daerah Bantaran Sungai Agar Selalu Waspadai Cuaca Hujan

 

Liputan4.com Sumut
Palas-Bupati Padang lawas (Palas) drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu mengimbau masyarakat Palas khususnya di sekitar bantaran sungai Hapung, Kecamatan Ulu Sosa untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi dampak negatif dari bencana banjir bandang belakangan ini.


Imbauan ini disampaikan Plt Bupati Palas Zarnawi Pasaribu, menyusul meluapnya sungai Hapung di Kecamatan Ulu Sosa, Sabtu 08/01/2022 dengan ketinggian yang hampir mencapai 1,5 meter dari permukaan tanah di wilayah tersebut.

Plt Bupati juga mengimbau petugas BPBD, Camat, dan Muspika setempat serta Kepala Desa dan perangkat desa serta tokoh masyarakat untuk saling mengingatkan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak negatif akibat banjir.

Plt Bupati Himbau Masyarakat Di Daerah Bantaran Sungai Agar Selalu Waspadai Cuaca Hujan

 

“Intensitas hujan saat ini masih tinggi yang berpotensi banjir akibat meluap sungai -sungai yang ada didaerah ini sehingga tingkat kewaspadaan dini untuk menghindari korban akibat banjir,” imbaunya ke warga dan perangkat pemerintahan desa dan kecamatan, Minggu 09/01/2022

“Berdasarkan perkiraan BMKG intensitas hujan memasuki bulan Januari ini masih tinggi, saya berpesan kepada semua masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama orang tua agar mengawasi anaknya secara ketat agar tidak main banjir yang berakibat jatuhnya korban jiwa,” ungkap Plt Bupati mengingat semua pihak.

Sebagaimana kita ketahui, Sabtu sore kemarin, ungkap Plt Bupati,sesuai hasil laporan dan pengecekan langsung kelokasi.sungai Hapung akibat tingginya intensitas hujan air sungai mulai naik cukup tinggi yang sedikit lagi mencapai dataran tanah.

Ia menambahkan, pasca bencana banjir yang melanda pemukiman penduduk di sejumlah desa di Kecamatan Batang Lubu Sutam ini akibat meluapnya sungai di bagian hulu akibat diguyur hujan yang cukup deras dalam beberapa hari terakhir.

Selain itu, sambungnya dikhabari tanggul penahan arus air telah jebol di hulu sungai Hapung, sehingga berpotensi menyasar air aliran sungai yang meluap kepemukiman penduduk.

“Kita jangan lengah untuk tetap waspada dini dari bencana banjir karena intensitas hujan saat ini belum bisa diprediksikan karena masih sangat tinggi potensi akan terjadi banjir “tutupnya.(sbn)