PKAD TTS Koordinasikan Tunggakan Pajak Kendaraan Ke UPT Samsat Soe

Reporter: Simron Yerifrans Kategori: NTT
  • Bagikan
PKAD TTS Koordinasikan Tunggakan Pajak Kendaraan Ke UPT Samsat Soe

PKAD TTS Koordinasikan Tunggakan Pajak Ke UPT Samsat.

Liputan4.com, Soe-TTS

Ribuan kendaraan plat merah milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) hingga kini masih menunggak Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

 

Tunggakan bervariasi mulai 1 sampai 4 tahun dengan jumlah mencapai 700an juta.

Namun Pemda TTS masih belum membayar meskipun Samsat TTS sudah menyurati Bupati TTS pada tahun 2020 untuk segera melunasi tunggakan PKB tersebut.

Albert Pairikas, Kepala UPT Samsat Soe didampingi Kasubag Tata Usaha Timothyus Lomi, kepada wartawan di ruang kerjanya Rabu (30/6/2021) mengatakan, tunggakan PKB mobil dinas milik Pemda TTS nilainya mencapai 700an juga rupiah.

Menurutnya, mobil dinas terbanyak dan tunggakan terbesar itu pada Dinas Kesehatan TTS, Dinas Pertanian dan Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (PKAD) TTS. Oleh karena itu, bukan saja Bupati yang disurati, tetapi setiap OPD yang masih menunggak PKB juga disurati tetapi tidak dihiraukan hingga saat ini.

Lanjut Albert, pendapatan dari PKB itu hasilnya nanti dibagi dua, 70 persen untuk Provinsi dan 30 persen dari total pendapatan dikembalikan ke TTS setiap tahun. Tetapi, justru mobil dinas Pemda TTS sendiri masih tunggak PKB.

“Pendapatan dari total PKB itu hasilnya bagi dua. Pemda TTS dapat 30 persen setiap tahun, tetapi Pemda TTS sendiri juga tunggak, ada yang 1 tahun ada juga yang 4 tahun,” ungkapnya.

Kepala Badan Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah (BPKAD) TTS Yohanis Lakapu Dikonfirmasi terkait hal tersebut mengatakan dirinya sudah menugaskan Kabid aset untuk melakukan koordinasi dengan UPT Samsat Soe.

Ini dilakukan agar pihaknya tau persis data kendaraan yang belum membayar pajak sehingga menjadi perhatian.

Dikatakan beberapa kendala yakni ada kendaraan yang sudah dilakukan pemutihan tapi belum balik nama.

Selain itu ada kendaraan yang ditarik namun tidak dipakai sehingga hanya tersimpan di gudang.

“Kita baru koordinasi untuk tau data sesungguhnya agar bisa jadi perhatian

Karna dengan bayar pajak Pemda juga diuntungkan dari bagi hasil”,ujar mantan Asisten II Setda TTS ini.

  1. Ia mengatakan dari hasil koordinasi baru bisa pastikan data untuk selanjutnya  pembayaran pajak karna sudah  dianggarkan oleh setiap OPD.

 

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan