Papua  

Petrus Yumte : Pemda Mimika Fokus Pengentasan Kemiskinan

Petrus Yumte : Pemda Mimika Fokus Pengentasan Kemiskinan
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mimika, Petrus Yumte saat ditemui diruang kerjanya Jl. Cendrawasih SP3, Utikini Baru pada, Rabu (11/05/2022)

TIMIKA |  Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mimika, Petrus Yumte mengatakan bahwa
Peran pemerintah sangat penting untuk masyarakat. Fokus pemerintah daerah (pemda) Mimika pada pengentasan kemiskian, artinya kita berusaha agar mengurangi angka kemiskinan supaya  tidak bertambah, harus berkurang agar masyarakat bisa cepat sejaterah.

“Masyarkat yang sejaterah artinya kesehatan terjamin, pendapatan tiap kepala keluarga meningkat makanya pemerintah meluncurkan beberapa program bantuan. Mencakup enam program tujuannya sama yakni untuk kesejaterahan masyarakat cepat tergapai,” tutur Petrus Yumte saat ditemui di ruang kerjanya Jl. Cendrawasih SP3, Utikini Baru pada, Rabu (11/05/2022)


Bantuan pemerintah diantaranya, Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Program bantuan sosial Kartu Prakerja, bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) alias BLT UMKM , bantuan subsidi upah (BSU), dan salah satu progtam bantuan menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) .

Petrus melanjutkan, dalam program pasti ada rintangan tapi pemerintah tetap berusaha dengan maksimal dan bekerja dengan semua dinas terkait.

“Dalam program pasti ada hambatan tapi kita tetap berusaha, terus terang saja sekarang semua melalui aplikasi jadi masyarakat mau dapat bantuan kadang data tida valid,” paparnya.

Petrus menjelaskan, sekarang migrasi atau banyak perpindahan penduduk, mobilitas penduduk begitu berlanjut padahal bantuan banyak melalui kantor pos, Bank BRI dan sebagainya tapi kadang bermasalah karena tidak mempersiapkan semuanya dengan baik.

“Diharapkan agar masyarakat lebih teliti dan mempersiapkan semua data atau berkasnya dengan baik sehingga saat mengurus tidak kewalahan,” tutupnya.

Print Friendly, Pdf & Email