"MARI SIAPKAN JIWA RAGA UNTUK MENJEMPUT KEAGUNGAN LAILATUL QADAR DAN KITA SEMUA MENJADI PILIHANNYA UNTUK MENDAPATI RAHMAT DAN MAGFIRAH-NYA DAN KEMBALI MENJADI HAMBA YANG DIKASIHI. MARHABAN YA RAMADHAN.""JIKA HATI SEPUTIH AWAN, JANGAN BIARKAN IA MENDUNG. JIKA HATI SEINDAH BULAN, HIASI DENGAN SENYUMAN. MARHABAN YA RAMADHAN. MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA."

Petani Jagung Lutim, Panen di Tahun 2020 Menuai Keberhasilan

  • Bagikan
Petani Jagung Lutim, Panen di Tahun 2020 Menuai Keberhasilan

Liputan4.com, Luwu Timur- Tidak cuma menghasilkan padi, Kabupaten Luwu Tumr, Sulawesi Selatan juga menghasilkan ribuan ton jagung. Petani Jagung Kabupaten Luwu Timur kini telah memasuki masa panen ditahun 2020.

Petani Jagung Lutim, Panen di Tahun 2020 Menuai Keberhasilan

Pada saat di wawancarai oleh media Liputan4.com, Selasa, 03-11-2020, Salah seorang petani jagung yang kerap disapa Pak Baim menceritakan tentang peroses dan modal yang dihabiskan dalam per Hektar untuk biaya menanam jagung. Menurutnya modal yang telah dia habiskan dalam 1 hektar mencape kurang lebih Rp.10.000.000. Mulai dari biaya membersihkan lahan, harga bibit, obat-obatan dan pupuk. Namun terlihat dari hasil panen tahun ini, insyaallah hasil panen meningkat “Dari hasil panen kami kali ini bisa mencapai pendapatan kurang lebih Rp 25.000.000 per hektar bersih,” ungkapnya

Petani Jagung Lutim, Panen di Tahun 2020 Menuai Keberhasilan

Selain itu jagung manispun di tanamnya dan keberhasilan dituainya pula dipanen kali ini. Sedikit Pak Baim menceritakan trik menanam jagung manis, menurutnya Agar panen jagung manis mendapatkan hasil yang maksimal, dari tanaman ini pastikan kebutuhan unsur hara pada tanaman tercukupi. Selain itu tumbuhan ini juga memerlukan zat nitrogen dalam jumlah yang besar. Agar tanaman bisa tumbuh dengan subur. “pemberian pupuk sebaiknya perhatikan keseimbangan antara nitrogen, kalium (K) dan pospat (P)”. Ceritanya

Terlihat dari 11 kecamatan dikabupaten Luwu Timur rata-rata petani jagung menuai keberhasilan yang luar biasa di tahun 2020, selain itu pula cuaca yang sangat mendukung menentukan keberhasilan panen petani jagung di Luwu Timur.

Tidak luput dari itu, para petani jagung sangat mengharapkan bantuan kepada pemerintah Luwu Timur agar kiranya diberikan bantuan. Menurut pak Baim kiranya pemerintah bisa membantu para petani jagung “Karena itu, saya berharap pemerintah mampu menyediakan alat bantu, seperti power thresher multiguna atau mesin perontok untuk memudahkan produksi dengan jumlah yang banyak” harapnya.

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Kel. Hj.Rampeani Rachman Gelar Bukber Dan Malam Pisah Bersama Kepala UPBU Timika Syamsuddin Soleman

26
0
0

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

45
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

22
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

71
0
0