Pesona Batu Bacan, di Lomba Batu Bacan Rock Show Pasar Rawa Bening Jatinegara

Pesona Batu Bacan, Di Lomba Batu Bacan Rock Show Pasar Rawa Bening Jatinegara

LIPUTAN4.COM,JAKARTA-Guna meningkatkan kembali minat masyarakat terhadap batu akik, pengelola Pasar Rawa Bening Jatinegara bekerjasama dengan komunitas batu bacan menggelar Bacan Rock Show di areal Pasar Rawa Bening Jatinegara Jakarta Timur, Minggu (6/3).

Ratusan kolektor dan pedagang batu bacan dari berbagai daerah di Indonesia, hadir di pasar yang dikenal sebagai Pusat Batu Akik terbesar di Jabodetabek ini, guna mengikuti lomba keindahan batu bacan.


Para kolektor dan pedagang batu bacan tersebut memamerkan koleksi batu bacan yang dimilikinya guna meraih hadiah sebesar Rp 6 juta hingga Rp 8 juta.

Menurut Ketua Pelaksana Bacan Rock Show KHM Vicktor, kegiatan ini digelar sebagai ajang silaturahmi diantara para kolektor dan pedagang batu bacan dari seluruh Indonesia.

“Selain itu juga untuk meningkatkan kembali gairah masyarakat terhadap batu bacan yanh sempat mengalami penurunan di saat pandemi covid 19,”ujarnya.

Untuk lomba batu bacan ini sendiri terbagi dalam dua jenis batu bacan, diantaranya Bacan Doko dan Bacan Palimea, dengan kategori diantaranya small, medium, dan over size.

Batu Bacan yang diperlombakan ini sendiri yang tergolong natural tanpa adanya proses, dengan masing – masing batu yang telah bersertifikasi.

Sedangkan unsur penilaian menurut Virgo, dilihat dari keindahan, kejernihan, kebersihan, kealamiannya, dan warna.

Sementara itu menurut Kepala Pasar Rawa Bening Achmad Subhan, lomba batu di Pasar Rawa Bening ini baru pertama kali digelar kembali setelah masa pandemi covid 19. “Terakhir kita gelar pada tahun 2019,”tambahnya.

Lomba ini menurut Subchan, untuk terus mempromosikan dan menarik minat masyarakat kepada batu bacan yang merupakan batu asli dari Indonesia yang sudah dikenal hingga mancanegara.

“Setelah ini, kita juga akan menggelar lomba yang sama untuk jenis batu yang lain. Nantinya kita akan menggandeng Puspacakra selaku asosiasi pengrajin untuk menggelar lomba seperti ini,”tandas Subchan.

Print Friendly, Pdf & Email