x

Pertumbuhan Penduduk dan Kebijakan Pemerintah Indonesia Terkait Pengelolahan Sampah

waktu baca 5 menit
Jumat, 5 Jul 2024 13:48 0 82 ERWIN NABABAN

Liputan4.com – Indonesia merupakan sebuah negara yang berbentuk kepulauan dengan jumlah penduduk yang termasuk kedalam negara-negara dengan jumlah penduduk yang sangat padat. Dan berdasarkan perhitungan data statistik tahun 2022, Indonesia memiliki jumlah penduduk sekitar 275,5 juta penduduk.

Berdasarkan jumlah penduduk itu, tentu pemerintah Indonesia memiliki banyak tantangan yang harus di hadapi. Seperti bagaimana cara memberikan kemerataan tingkat pendidikan, perekonomian, kesehatan, kesejahteraan hingga permasalahan lingkungan hidup.

Dari sekian banyaknya tantangan yang harus di selesai oleh pemerintah Indonesia, ada satu hal yang seharusnya menjadi prioritas pemerintah Indonesia untuk menyelesaikan segera, yaitu terkait Lingkungan hidup.

Jumlah penduduk yang sangat besar secara nyata memberikan dampak langsung terhadap lingkungan hidup di Indonesia. Sebagaimana diketahui pada masa sekarang beberapa wilayah di Indonesia sering menjadi langganan dari bencana alam seperti banjir, longsor, kebakaran hutan dan bencana alam lainya.

Hampir setiap bencana alam tersebut terjadi karena ulah manusia. Sebagaimana contohnya saja banjir. Yang mana banjir terjadi karena sudah tidak mampunyai lahan tanah untuk meresap debit air yang datang. Baik itu dari air hujan ataupun sungai ditambah lagi dengan tidak adanya kemampuan dari lingkungan sekitar dalam menahan lajunya air tanah.

Hal ini dapat terjadi karena sudah tidak adanya pohon sebagai penahanan laju air tersebut. Sehingga semakin memperparah dan memperbesar peluang dari terjadinya banjir. Begitu juga dengan longsor, kemampuan tanah yang sudah sangat berkurang untuk menahan jumlah cairan dalam tanah mempermudah terjadinya amblas didaerah lereng, sehingga bencana alam longsor dapat terjadi dengan begitu mudahnya dan memberikan kerugian bagi manusia dan sekitarnya.

Keterkaitan bencana alam seperti banjir dan longsor dengan besarnya jumlah penduduk Indonesia terlihat ketika dilakukan beberapa penelitian sederhana, seperti jumlah penduduk yang semakin bertambah membutuhkan lahan yang semakin besar untuk pemukim. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka terjadilah pembukaan lahan baru di daerah-daerah yang masih asri.

Dengan bertambahnya jumlah penduduk, secara otomatis akan menambah jumlah produksi sampah rumah tangga baik itu sampah organik maupun sampah anorganik. Disinilah permasalahan tersebut akan muncul, ketika pertumbuhan jumlah penduduk tidak di imbangi dengan persiapan pemerintah dalam memberikan pelayanan fasilitas tempat tinggal yang mumpuni dan layak. Maka masyarakat dengan sendirinya akan terus membangun dan mendirikan bangunan ataupun rumah dimanapun selagi tempat tersebut masih bisa didirikan bangunan di atasnya.

Dengan sedikit fakta tersebut maka tidak ada kata mustahil, bahwa masalah lingkungan seperti longsor dapat saja terjadi jika pertumbuhan penduduk yang tinggi tersebut terjadi di wilayah yang topografi, wilayahnya perbukitan ataupun wilayah yang cenderung berada di lereng bukit.

Dengan bertambahnya jumlah penduduk tentunya sampah dari masyarakat akan semakin bertambah. Jelas sangat membutuhkan tempat pengelolaan akhir yang layak dan mampu mengelolah sampah-sampah tersebut. Dan jika permasalahan sampah ini tidak terselesaikan dengan baik oleh pemerintah, maka tidak ada kata mustahil bahwa bencana alam seperti banjir akan terjadi begitu saja. Tepatnya karena sudah tidak adanya tempat pembuangan sampah yang mampu menampung sampah-sampah tersebut. Selain itu, masyarakat yang tinggal di sekitaran sungai dengan penuh kesadaran akan membuang sampah tersebut kedalam aliran sungai yang pada akhirnya menyumbat aliran sungai yang berakhir kepada banjir dan masalah kesehatan.

Sekian banyak permasalahan lingkungan yang berkaitan dengan sampah yang berujung dengan petaka seperti bencana banjir dan longsor, lalu bagaimanakah penanggulangan yang harus di ambil oleh pemerintah, langkah apa dan kebijakan apalagi yang harus di ambil oleh pemerintah?. Inilah tantangan terbesar yang terjadi jika dilihat dari kondisi lingkungan hidup di Indonesia pada saat ini. Penanggulangan bencana lingkungan adalah langkah penting yang benar-benar harus di selesaikan oleh pemerintah.

Penanggulangan bencana lingkungan sangat penting dilakukan, dan harus benar-benar direalisasikan oleh pemerintahan. Karena dalam konteks penanggulangan bencana, hal ini sangat lah penting dan mendesak. Dan kenapa pemerintah yang selalu menjadi titik berat pembahasan, karena pemerintah memiliki tanggung jawab penuh atas kesejahteraan masyarakat. Pemerintah diberikan hak oleh masyarakat untuk membentuk sebuah kebijakan yang bertujuan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. Karena itu, pemerintah sebagai stakeholder harus benar-benar serius dalam menyelesaikan permasalahan yang timbul termasuk juga permasalahan lingkungan dan cara menanggulangi bencana lingkungan. Dengan demikian, tercapailah makna dari terbentuknya sebuah pemerintahan di Negara Indonesia.

Merespon hal tersebut, sebenarnya pemerintah telah melakukan beberapa hal baik dengan membentuk sebuah kebijakan dan lainya. Diantaranya seperti berdasarkan langkah yang pernah dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam tujuan penanggulangan bencana lingkungan, tapi masih belum memberikan dampak yang terlihat jelas. Salah satu bentuk penanggulangan bencana lingkungan yang dilakukan oleh pemerintah yaitu dalam upaya mengurangi dampak banjir di daerah Jakarta. Pemprov DKI Jakarta melakukan berbagai hal seperti penghijauan wilayah, perbaikan aliran waduk, empang dan lain sebagainya. Juga penyediaan pompa stasioner di berbagai wilayah DKI Jakarta.

Namun meskipun upaya tersebut telah dilakukan, bencana banjir masih saja terjadi dan menjadi bencana utama bagi wilayah DKI Jakarta. Lalu, dimanahkah letak permasalahan lingkungan yang masih terjadi meskipun sudah melakukan berbagai cara penanggulangan. Tepatnya, Pemprov DKI Jakarta belum mampu dalam melakukan penanggulangan lingkungan dikalangan masyarakat.

Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya perilaku pembuangan sampah di sungai, dan kurangnya proses pengelolaan sampah yang baik, sehingga bencana lingkungan tersebut tetap terjadi apabila hujan turun dan penyumbatan terjadi di palang pintu sungai maupun waduk.

Sedikit contoh di atas memperjelas awal dari bencana lingkungan yang terjadi. Oleh karena itu, apapun kebijakan yang di buat oleh pemerintah akan menjadi kebijakan diatas kertas saja apabila kebijakan tersebut tidak ditaati. Kesadaran individual masyarakat juga sangat mempengaruhi kebijakan yang di putuskan oleh pemerintah. Semakin banyak orang yang peduli akan lingkungan, maka semakin besarlah peluang bencana lingkungan tidak terjadi.

Pastinya, kesadaran masyarakat atau kesadaran kita semua terhadap lingkungan akan membawa dampak masing-masing. Semakin sadar akan pentingnya lingkungan, secara otomatis kita akan mendapatkan dampak positif. Namun hal sebaliknya yang terjadi, semakin kecil kesadaran akan lingkungan, maka jangan salahkan apabila bencana demi bencana berdatangan dan memberikan dampak negatif bagi manusia sekitarnya.

Sudah saatnya kita peduli akan lingkungan, apabila kita peduli lingkungan maka lingkungan akan memberikan banyak hal kepada kita. Selamat hari lingkungan hidup sedunia, semoga kita semua semakin sadar akan pentingnya Lingkungan hidup yang baik dan bersih.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x