Persiapkan Jurnalis Muda di Kota Jayapura, PWRI Gelar Pelatihan Jurnalistik

  • Bagikan
Persiapkan Jurnalis Muda di Kota Jayapura, PWRI Gelar Pelatihan Jurnalistik

JAYAPURA| Guna mempersiapkan jurnalis muda untuk menjadi corong penyaji informasi terpercaya maka Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kota Jayapura menggelar pelatihan jurnalistik pada hari Sabtu (29/5/2021) siang.

Fredy Mambrasar selaku Ketua PWRI Kota Jayapura mengatakan bahwa pihaknya menggelar pelatihan jurnalistik untuk para generasi muda yang ada di Kota Jayapura agar dapat menjadi corong terdepan dalam menyajikan informasi sesuai fakta untuk membangun Kota Jayapura.

“Dengan demikian kita meminimalisir berita hoax dan hal-hal yang tidak benar di Kota Jayapura sehingga Pemuda-Pemudi yang ada di Kota Jayapura ini menjadi garda terdepan menjadi juru bicara Pemerintah Kota Jayapura,” harapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 20 orang yang mewakili 5 distrik yang ada di Kota Jayapura

Selain itu, tindak lanjut dari kegiatan tersebut peserta akan dilatih kembali untuk dipersiapkan menjadi seorang jurnalis dengan yang waktu lebih efektif sehingga peserta bisa lebih memahami tentang teknik penulisan berita dan etika jurnalistik.

Disisi lain Kristian Ansaka selaku Pembina PWRI Kota Jayapura yang juga sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut mengatakan “PWRI mempersiapkan sejumlah anak-anak untuk mengetahui apa itu jurnalistik dan bagaimana cara-cara kerjanya,”

Kristian juga mengharapkan dengan pelatihan tersebut peserta memiliki niat dan bakat untuk dapat mengembangkan diri menjadi seorang jurnalis yang bagus dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran yang lebih berpihak kepada orang-orang lemah, menyuarakan kaum tertindas dan kaum yang tak bersuara.

“Kitorang harus banyak baca, jurnalis yang ada di Papua ini kurang baca. Trus etos kerja, jurnalis ini lebih cenderung menerapkan jurnalisme yang dari penguasa, kita jarang mengecek kebenaran berita atau statmen dari penguasa,” ujarnya.

Dengan kondisi tersebut ia menjelaskan bahwa berita yang disajikan hanya berita-berita seremonial yang lebih dikembangkan di Papua, sehingga ia mengharapkan kedepannya para jurnalis bisa lebih banyak membaca dan mengecek informasi yang diberikan oleh penguasa sehingga sesuai dengan fakta dan data yang ada di lapangan.

Reporter: Akim                                              Editor: Makatita
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan
LIPUTAN4.COM Kami ingin menunjukkan kepada Anda pemberitahuan untuk berita dan pembaruan terbaru.
Dismiss
Allow Notifications