Perseteruan Komnas HAM Dengan KPK Rio Direktur LBH DPP FWBI Angkat Bicara

  • Bagikan
Perseteruan Komnas HAM Dengan KPK Rio Direktur LBH DPP FWBI Angkat Bicara

Perseteruan Komnas HAM Dengan KPK Rio Direktur LBH DPP FWBI Angkat Bicara

 

Sumut Liputan4.Com Direktur LBH DPP FWB-Indonesia Rio Tampubolon. SH.MH yang disebut pengacara handal dan fenomenal kota Medan, angkat bicara terkait polemik Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang kini tengah dibicarakan publik.

Dalam konteks hubungan antar lembaga, kata Rio, sebetulnya polemik tersebut bisa diselesaikan sebelumnya dengan komunikasi yang baik antar lembaga.

Masing-masing lembaga, kata dia, perlu intropeksi dan mengadakan review terkait fungsi, peran, dan kewenangan yang ada pada masing-masing lembaga.

“Karena sama-sama juga, dalam hal ini tentu KPK, dan mungkin bagaimana pun juga Komnas HAM itu tidak jauh dari fungsi pemerintahan, coba dibuka komunikasi, jangan serta merta kemudian dilihat dari perbedaannya,” kata Rio saat ditemui awak media di kantornya pada Kamis (10/6/2021) di Medan.

Menurut Rio, meskipun lebih mudah dilihat dari sisi perbedaan antar lembaga, namun lebih baik dilihat dalam fungsi pemerintahan.

Rio pun mempertanyakan kepentingan Komnas HAM memanggil pimpinan KPK.
Dan juga mengatakan bisa memahami kenapa Ketua KPK tidak memenuhi panggilan Komnas HAM.

Hal itu karena menurutnya bukan pimpinan KPK yang melakukan seleksi tersebut melainkan seleksi itu dilakukan sejumlah lembaga secara objektif.

“Jadi kembali, Ketua KPK itu hanya melaksanakan Undang-Undang. Tidak menentukan lulus atau tidaknya, dan tidak membuat baterai-baterai persoalan yang ada di tes tersebut,” tuturnya Rio.

Lebih lanjut Rio Tampubolon. SH.MH yang di sebut pengacara handal dan fenomenal di medan ini menjelaskan ” diminta agar Komnas Ham lebih profesional, dan menjalankan tupoksinya dalam menangani kasus kasus pelanggaran HAM berat. Kalau persoalan ini dibiarkan Komnas HAM akan menghancurkan tatanan perundang undangan yang berlaku, contoh : kalau persoalan lapor melapor seperti kejadian ini di tindak lanjuti maka akan menumpuk PR Komnas Ham kedepan karena akan di geruduk para CPNS dan Calon TNI/Polri yang gagal tes ujian..Coba bayangkan apa yang akan terjadi ,”pungkasnya.

Sementara di tempat berbeda Ketua FWB- Indonesia Alex Sander Simatupang kepada awak media pada hari yang sama mengatakan ” diduga Komnas HAM sangat tendensius dalam menyikapi persoalan yang ada di tubuh KPK dengan mengenyamping
kan Job Disck dan tupoksinya. Banyak hal yang harus di selesaikan oleh Komnas HAM jangan mengambil alih kewenangan lembaga lain”,jelasnya.

Reporter : Abdi S

Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan
LIPUTAN4.COM Kami ingin menunjukkan kepada Anda pemberitahuan untuk berita dan pembaruan terbaru.
Dismiss
Allow Notifications