Perpustakaan Keliling Berpatisipasi di TMMD ke 111 di Kab.Tanah Laut

Reporter: Tornado Kategori: Informasi TNI, Kalimantan Selatan, Pemerintahan, Pendidikan
  • Bagikan
Perpustakaan Keliling Berpatisipasi di TMMD ke 111 di Kab.Tanah Laut

Liputan4.com, Tanah Laut-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Dispersip Kalsel) mendukung dimulainya program TMMD ke-111 tahun 2021, Selasa (15/6/2021).

Puluhan siswa TK dan SD memadati tempat acara dimana Giat Non Fisik. TMMD Perpustakaan Keliling disiapkan guna meningkatkan Minat Baca Masyarakat yang  diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi kalimantan Selatan dalam Mendukung Program TMMD Reguler Ke-111 di Kodim 1009 / Pelaihari

Dengan kedatangan

Perpustakaan Keliling Berpatisipasi di TMMD ke 111 di Kab.Tanah Laut
Danrem 101/Ant saat meninjau kegiatan Pusling TMMD di Tala di sambut kasi Pelayanan Kearsipan Dispersip Kalsel, Ermawati A.Md (poto istimewa)

Mobil Perpustakaan Keliling ini langsung menjadi pusat perhatian Anak-anak di tanah laut, hal ini terwujud karena adanya Program TMMD sebagai bentuk kepedulian agar Minat Baca Masyarakat meningkat khususnya bagi Anak-anak Sekolah.

Adanya Perpustakaan Keliling ini sangat diminati, khususnya untuk Siswa TK dan SD juga sebagian Warga” Tutur Kapten Inf Jodi M  yang juga ikut Bersama membaca Buku dari Perpustakaan tersebut.

Banyak buku -buku cerita dan buku-buku bergambar yang disediakan sehingga menarik bagi Anak-anak untuk membacanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadispersip) Kalsel, Dra Hj Nurliani, MAP melalui kasi Pelayanan Kearsipan Dispersip Kalsel, Ermawati A.Md mengaku, pihaknya siap ikut TMMD sekaligus lakukan upaya peningkatan promosi literasi serta mencerdaskan masyarakat desa, perairan dan pesisir.

Bahkan guna mendukung kegiatan tersebut, Nurliani menurunkan armada pusling dan trail yang akan di kerahkan ke Kabupaten Tanah Laut

Diketahui, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut Surat Perintah Danrem 101/Antasari Nomor Sprin/771/V/2021 tanggal 31 Mei 2021 tentang perintah untuk melaksanakan tugas TMMD ke-111 TA 2021 di wilayah Kodim 1009/Pelaihari Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman selama 30 hari terhitung mulai tanggal 15 Juni s.d. 14 Juli 2021;

Selain Agenda tersebut, Nurliani menyebut, dirinya juga tengah mempersiapkan sosialisasi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 tentang serah simpan karya cetak  dan karya rekam pada 5 hingga 6 Maret 2021.

Buku adalah jendela dunia dan membaca buku merupakan kunci untuk membuka jendela tersebut. Siapa saja, dimana saja dan kapan saja dapat melakukannya, karena dengan membaca dapat meningkatkan kecerdasan serta membuka wawasan.

hal tersebut, Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 1009 / Pelaihari melalui kegiatan nonfisik melaksanakan sosialisasi perpustakaan keliling.

Kapten Inf Jodi. M, Koordinator Bakti Sosial TMMD ke 111 dari Kodim 1009 / Pelaihari menyatakan, perpustakaan hadir tidak hanya sebagai sarana edukatif dan rekreatif, tetapi juga sebagai sarana informatif, kreatif dan inovatif sejalan dengan perkembangan masyarakat dan kemajuan teknologi.

“Salah satu cara untuk memperluas khazanah intelektual adalah dengan membaca buku. Untuk itu dalam TMMD ke-111 ini, Kami Sebagai TNI juga harus ikut memberikan sumbangsih yakni mengadakan sosialisasi perpustakaan keliling.”ungkapnya.

Dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat mampu memanfaatkannya sebaik mungkin dan dapat mengurangi buta huruf, sekaligus mampu mengembangkan minat baca masyarakat,” pungkas Kapten Inf Jodi. M.

Seperti yang sudah di beritakan sebelumnya Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 1009/Pelaihari resmi dibuka oleh Bupati Tanah Laut (Tala) Drs HM Sukamta MAP, Selasa (5/6/2021) bertempat di Balairung Tuntung Pandang di kawasan Jalan Pancasila, Pelaihari.

Hadir pada kegiatan itu Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut Herbiantoko, Dandim 1009/ Pelaihari Letkol Inf Adi Yoga Susetyo SH MA, Kapolres Tala AKBP Cuncun Kurniadi SIK SH.

Lalu, Sekda Tala Drs H Dahnial Kifli MAP, Kajari Ramadani SH MH, Kakemenag HM Rusdi Hilmi, Ketua Pengadilan Negeri Iriaty Khairul Ummah SH, Kepala Pengadilan Agama Drs H Rakhmat Hidayat HS SH MH, serta tamu undangan lainnya.

TMMD ke-111 Kodim 1009/Pelaihari berlangsung selama satu bulan sejak 15 Juni 2021 hingga 14 Juli 2021. Program TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral di pusat maupun di daerah.

Saat menyampaikan sambutan, Danrem 101/Ant  Brigjen TNI Firmansyah mengatakan, pelaksanaan TMMD ke-111 2021 dilaksanakan di dua Kodim.

Pertama, Kodim 1009/Pelaihari, tepatnya di Desa Tanjung, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tala (Tanah Laut).

Kedua, Kodim 1010/Rantau di Desa Suato Lama, Kecamatan Salam Babaris, Kabupaten Tapin.

“Dalam pemilihan sasaran fisik diharapkan benar-benar dipilih desa yang terisolasi ataupun tertinggal, jika dibandingkan dengan desa lainnya ataupun sesuai dengan usulan dari masyarakat (Bottom up Planning), termasuk pelaksanaan bedah rumah tidak layak huni,” tegasnya.

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan