Permudah Pencari Kerja & Pemberi Kerja, Bobby Nasution Luncurkan Aplikasi SIDUTA

Liputan 4.com, Medan |
Guna mengoptimalisasi pelayanan kepada masyarakat dan perusahaan yang ada di Kota Medan dalam bidang ketenagakerjaan, Wali Kota Medan Bobby Nasution melaunching Aplikasi SIDUTA (Sistem Informasi Terpadu Ketenagakerjaan) di Hotel Grand Mercure Medan, Rabu (30/11). Kegiatan yang diinisiasi Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Medan ini diharapkan dapat memudahkan para pencari kerja dan perusahaan untuk saling bertemu.

Atas dilaunchingnya aplikasi SIDUTA ini, Bobby Nasution menyampaikan apresiasi kepada Disnaker yang selama ini sudah mau berkolaborasi baik bersama dengan Kementerian Ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan serta seluruh perusahaan yang ada di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini.


“Apa yang kita lakukan hari ini merupakan salah satu hasil dari kolaborasi yang dilakukan Disnaker bersama dengan seluruh stakeholder. Melalui aplikasi ini tentunya memudahkan para pencari kerja maupun para perusahaan yang sedang mencari pekerja,” kata Bobby nasution.

Menantu Presiden Joko Widodo ini selanjutnya menjelaskan, SIDUTA hanya bisa digunakan untuk masyarakat yang memiliki KTP Medan. Jadi, masyarakat Kota Medan dapat mengakses aplikasi ini dengan menggunakan NIK.  Sebaliknya, bagi warga yang bukan ber-KTP Medan, mereka tidak dapat masuk dan mengakses aplikasi tersebut.

“Tentunya ini merupakan langkah yang sangat baik dan dapat memudahkan para pencari kerja dalam mengakses informasi di perusahaan mana mereka bisa mencari kerja. Di samping itu melalui aplikasi ini juga, perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja bisa memanggil para pencari kerja untuk wawancara atau tidak,” ungkapnya.

Selanjutnya, orang nomor satu di Pemko Medan ini mengucapkan terima kasih kepada Disnaker yang telah mengupayakan seluruh pekerja di Kota Medan bisa tercover baik di BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan.

KULIAH GRATIS BEASISWA

“Ini komitmen kita bersama agar hal tersebut dapat terlaksana. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung berbagai program Pemko Medan. Mudah-mudahan program ini dapat membantu masyarakat Kota Medan yang mencari kerja bertemu dengan perusahaan yang mencari pekerja,” harapnya.

Didampingi Kepala Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Medan Andri Susila, Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbagut Hengky Rosidin, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Medan Saru Quratul Aini, Kepala Kamar Dagang Indonesia Kota Medan Arman Chandra, Bobby Nasution di sela-sela launching memberikan klaim BPJS Ketenagakerjaan kepada 2 orang ahli waris dan memberikan paket bantuan stunting kepada 5 kecamatan yakni Kecamatan Medan Belawan, Medan Denai, Medan Kota, Medan Selayang, dan Medan Baru.

Sebelumnya, Kadis Ketenagakerjaan Ilyan Chandra Simbolon dalam laporannya menjelaskan, manfaat dari aplikasi SIDUTA adalah sebagai media untuk membangun link and match antara pencari kerja dan pemberi kerja. Selain itu, imbuhnya, sebagai media untuk akses informasi pasar kerja dan pelatihan yang ada di kota Medan dan memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan ketenagakerjaan di Kota Medan.

“Jadi masyarakat Kota Medan cukup mengakses aplikasi SIDUTA tanpa harus datang ke Kantor Dinas Ketenagakerjaan. Dimana aplikasi ini bisa digunakan para pencari kerja dengan memasukkan data AK1 nya untuk melihat lowongan kerja, pelatihan dan pemagangan” jelas Ilyan Chandra.

Selain sebagai wadah untuk mencari kerja, jelas Ilyan, aplikasi ini juga dapat sebagai database ketenagakerjaan  karena terintegrasi dengan data NIK yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan serta diintegrasikan dengan Dinas Kominfo Kota Medan.(JB)