Peringati Idul Adha, HARITA Nickel Salurkan 14 Ekor Sapi

  • Bagikan
Peringati Idul Adha, HARITA Nickel Salurkan 14 Ekor Sapi

HALSEL- Perusahaan pertambangan dan hilirisasi HARITA Nickel menyerahkan 14 ekor sapi kepada masyarakat di Pulau Obi dan Masjid Kesultanan Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara dalam rangka memeringati Hari Raya Iduladha 1442 H. Penyaluran hewan qurban dimulai secara bertahap sejak 13 Juli lalu hingga hari ini.
Sebanyak 13 ekor sapi dibagikan di desa-desa Pulau Obi yaitu Desa Kawasi, Soligi, Wayaloar, Laiwui, Jikotamo, Buton, Akegula, Desa Baru, Sambiki, Anggai, Fluk, Gambaru, dan Kelo. Sementara 1 ekor sapi diserahkan kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Kesultanan Bacan. Keseluruhan hewan kurban akan disembelih dan dibagikan kepada masyarakat saat Hari Raya Iduladha yang jatuh pada 20 Juli 2021.

Tokoh Agama Desa Soligi La Hamina mengatakan bahwa penyerahan sapi ini adalah bukti kepedulian HARITA Nickel terhadap hari besar umat Islam. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada perusahaan atas kurban yang akan dilakukan di Desa Soligi.

“Kami mengucapkan terima kasih atas segala bentuk perhatian yang diberikan. Kurban ini juga sebagai tanda komunikasi yang baik antara perusahaan dan masyarakat,” ujar imam masjid Desa Soligi tersebut.

Apresiasi juga diberikan oleh Kepala Urusan Pemerintahan Desa Laiwui, Sukarmin. Ia yang mewakili Kepala Desa Laiwui mengatakan, penyerahan hewan kurban ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.
“Kami ucapkan terima kasih banyak. Saya mewakili Kades dan masyarakat Laiwui merasa senang dengan adanya hewan kurban ini. Kami siap mendukung program-program HARITA Nickel dalam pemberdayaan masyarakat yang lebih luas,” ungkap Sukarmin.

Community Development Manager HARITA Nickel, Eksa Santika mengungkapkan, penyembelihan hewan kurban di desa-desa Pulau Obi merupakan program yang sudah berlangsung lama dan berjalan setiap tahun. Program ini merupakan bentuk partisipasi perusahaan sebagai bagian dari masyarakat Obi.

“Kurban ini rutin ada setiap tahun. Semoga kegiatan baik ini dapat terus berlangsung dan kurban yang dilakukan dapat membantu masyarakat, terutama di saat pandemi seperti ini. Selamat Hari Raya Iduladha, semoga kita semua semakin peduli terhadap sesama dan Indonesia, khususnya Maluku Utara dapat segera terbebas dari pandemi ini,” tutup Eksa.

Penyerahan hewan kurban merupakan program tahunan HARITA Nickel. Pada Iduladha 1442 H kali ini, penyerahan hewan kurban juga diikuti dengan penyerahan santuan bagi anak yatim. Santunan tersebut diberikan kepada 177 anak yatim di dua desa, yakni Desa Anggai dan Sambiki.

Tentang HARITA Nickel
HARITA Nickel merupakan bagian dari HARITA Group yang beroperasi di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara. HARITA Nickel memiliki IUP Pertambangan dan juga pabrik peleburan (smelter) serta pemurnian (refinery) nikel yang terintegrasi di Obi. Komitmen HARITA Nickel dalam hilirisasi sumber daya alam ditunjukkan dengan beroperasinya smelter Megah Surya Pertiwi (MSP) sejak 2016 dengan memanfaatkan potensi nikel yang dikelola oleh Trimegah Bangun Persada (TBP) dan Gane Permai Sentosa (GPS) yang semuanya terletak di Pulau Obi.

Melalui Halmahera Persada Lygend (HPAL), Harita Nickel melakukan pengolahan dan pemurnian nikel dengan teknologi hidrometalurgi High Pressure Acid Leach. Teknologi HPAL mampu mengolah nikel kadar rendah yang selama ini tidak diolah menjadi produk Mixed Hydroxide Precipitate (MHP). Dengan proses berikutnya dapat diolah menjadi Nikel Sulfat (NiSO4) dan Kobalt Sulfat (CoSO4) yang merupakan bahan baku baterai kendaraan listrik. Teknologi ini merupakan yang pertama di Indonesia.(Humas Harita)

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
Suka
0
Waww
Waww
0
Haha
Haha
0
Sedih
Sedih
0
Lelah
Lelah
0
Marah
Marah
0
  • Bagikan