PPDB KOTA MEDAN 2022

Pentingnya Bidang Infrastruktur, di Kawasan Perbatasan

Pentingnya Bidang Infrastruktur, Di Kawasan Perbatasan

Keerom, (Papua) Liputan4 – Pengaturan secara hukum terhadap pengembangan wilayah perbatasan antar negara berdasarkan undang undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, pengaturan tentang pengembangan wilayah perbatasan di kabupaten/kota secara hukum berada di bawah tanggung jawab Pemerintah Daerah tersebut.

Walaupun demikian hingga kini hampir sebagian kawasan perbatasan di Indoensia adalah daerah tertinggal yang kondisinya sangat memprihatinkan sebagai beranda depan NKRI


Hal ini di akibatkan oleh sistem Kelolah Kawasan Perbatasan yang lebih mengedepankan kepentingan keamanan (Safety Belt Approach) sehingga pembangunan dengan pendekatan sosial ekonomi terabaikan.

Mendasari hal tersebut, Kepala Bidang Kordinasi dan pelaksanaan Badan Pengelolah Kawasan Perbatasan Daerah (BPKPD) Kabupaten Keerom, Wenslaus Meho kepada Liputan 4 di ruang kerjanya (Rabu, 25/5/2022) mengatakan, penambahan bidang infrastruktur di Badan Pengelolah Kawasan Perbatasan Daerah (BPKPD) di nilai, akan mampu mengakomodir seluruh program fisik di Kawasan Perbatasan serta menjalin mitra kerja bersama berbagai instansi terkait.

Kata Wenslaus Meho, Pembangunan Kawasan Perbatasan Khususnya di Kabupaten Keerom sangat membutuhkan beberapa bidang khusus yang nantinya dapat memberikan fokus perhatian kepada pembangunan Kawasan Perbatasan

Bidang yang di maksud adalah bidang Infrastruktur, perlu ada bidang tersebut pada internal Badan Pengelolah Kawasan Perbatasan Daerah, perlu ada bidang tersebut karena terkait dengan pembangunan fisik, (Jalan, Jembatan, Perumahan), dan lainnya. Ujar Wenslaus Meho.

Menurut Wenslaus Meho, Bidang Infrastruktur sangat penting dalam internal Badan Pengelolah Kawasan Perbatasan, dengan adanya bidang tersebut di nilai akan dapat membangun kerja sama antar instansi, PU, PUPR, dan instansi terkait lainnya.

Lanjut Wenslaus Meho, dari beberapa bidang yang ada, bidang infrastruktur di nilai sangat penting sehingga, kami berharap bisa dapat terwujud, dan ini juga merupakan catatan bagi pimpinan daerah maupun pusat.

Kami berharap dapat agar bidang ini bisa di akomodir di tahun tahun mendatang dalam internal Badan pengelolah Kawasan Perbatasan Daerah..Tutup Wenslaus Meho

 

Print Friendly, Pdf & Email