PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

Penjabat Gubernur Kalsel Berikan Pembekalan (KKDN) Para Pasis Dikreg XLVIII Sesko TNI tahun 2021

Pewarta: Dessy Nathalia Topik: Informasi TNI, Kalimantan Selatan
  • Bagikan
Penjabat Gubernur Kalsel Berikan Pembekalan (KKDN) Para Pasis Dikreg XLVIII Sesko TNI tahun 2021

Liputan 4.com, Banjarmasin – Penjabat Gubernur Kalsel Dr. Safrizal ZA, MSi memberikan pembekalan pada kegiatan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) kepada para Pasis Dikreg (Perwira Siswa Pendidikan Reguler) XLVIII Sesko TNI tahun 2021

Pembekalan tersebut dilaksanakan melalui Video Conference (Vicon) bertempat di Ruang Kerja Gubernur Kalsel, hal ini dikarenakan kondisi musim Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang saat ini masih melanda di beberapa daerah di Wilayah Kalsel. Terlebih di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru sudah diterapkan PPKM Level 4 dan daerah lainnya PPKM Level 3, Kamis (29/7).

Dalam kegiatan pembekalan KKDN ini, Safrizal menyampaikan materi terkait Undang-Undang Nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara,
kemudian penanganan Wabah Covid-19 dan potensi – potensi gambaran dari Provinsi Kalsel.

Penyampaian tentang UU Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara bagi suatu bangsa yang berdaulat merupakan suatu cara untuk menjaga, melindungi dan mempertahankan keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa terhadap segala bentuk ancaman.

Dalam Undang-undang ini sebut Safrizal, sumber daya Nasional terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya alam dan sumber daya buatan, saat ini Pandemi yang melanda dunia termasuk negara Indonesia memberikan dampak terhadap perekonomian dan kehidupan sosial budaya yang memiliki pengaruh terhadap pertahanan negara serta stabilitas keamanan negara.

Ditambahkannya untuk menghadapi permasalahan ini diperlukan metode yang digunakan yaitu dengan Hard Power, Soft Power dan Smart Power, seperti diketahui
di awal tahun 2021 tentang mitigasi bencana akibat banjir besar, untuk antisipasi banjir susulan akan dicanangkan penanaman 1 juta pohon dan 1 orang wajib menanam 1 pohon.

Selama pelaksanaan KKDN ini diharapkan para Pasis dapat memanfaatkan data-data yang diperlukan sebagai langkah penting supaya bisa menganalisa kendala dan hambatan yang dihadapi serta mampu memberikan masukan Strategis kepada pimpinan.

Selanjutnya dilaksanakan paparan kepada kepada Pasis Dikreg XLVIII Sesko TNI oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto, Danrem 101/Ant Brigjen TNI Firmansyah, Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M. Tr. Hanla dan Danlanud Syamsudin Noor Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago.

Danlanal Banjarmasin didampingi perwira stafnya dalam penyampaian paparannya dengan ruang lingkup tugas pokok Lanal Banjarmasin antara lain menyelenggarakan dukungan Logistik dan administrasi bagi unsur – unsur Koarmada II dan TNI AL lainnya (KRI, Pesud dan Marinir) meliputi 5 R (Rebase, Replenishment, Repair, Rest dan Recreation), peta kerawanan dan Potensi Maritim (Daerah Pesisir) serta Zona pertahanan di Kawasan Strategis Nasional.

Pada kegiatan pembekalan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) kepada para Pasis Dikreg (Perwira Siswa Pendidikan Reguler) XLVIII Sesko TNI tahun 2021 secara Video Conference (Vicon) tersebut diikuti oleh pejabat FKPD se Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Penjabat Gubernur Kalsel Berikan Pembekalan (KKDN) Para Pasis Dikreg XLVIII Sesko TNI tahun 2021
Penjabat Gubernur Kalsel Dr. Safrizal ZA, MSi Berikan Pembekalan (KKDN) para Pasis Dikreg XLVIII Sesko TNI tahun 2021 via zoom (Poto Aduy)
Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan