Pengaruh Covid-19 Terhadap Usaha Meubel

Pengaruh Covid-19 Terhadap Usaha Meubel

Limbo Makmur, liputan4.com – USAHA meubel adalah salah satu usaha yang banyak dilakoni masyarakat yang mempunyai keahlian dibidang pertukangan kayu. Usaha ini tergolong dapat mendapatkan hasil yang banyak melalui produk yang dihasilkannya.


Salah satu usaha meubel di Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah, Meubel Jesika yang terletak di Desa Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya misalnya, dalam satu produk lemari tiga pintu yang dihasilkannya bisa meraup keuntungan hingga Rp 800 ribu.

Pengaruh Covid-19 Terhadap Usaha Meubel

Hal tersebut dituturkan oleh pemilik dari Meubel Jesika, Jajang Zaenal (47). Dia menuturkan bahwa pada masa sebelum adanya wabah Covid-19 meubelnya bisa menerima orderan sepuluh sampai 15 permintaan. Namun setelah adanya wabah Covid-19 jumlah orderan yang masuk mengalami penurunan.

Hal tersebut membuktikan bahwa wabah Covid-19 memiliki pengaruh terhadap usaha meubel. Kurangnya orderan tentu mempengaruhi menurunnya pendapatan.

Meskipun demikian, Meubel Jesika tetap menerima pesanan ditengah wabah Corona ini. Meubel Jesika sendiri menerima orderan seperti pembuatan kusen, pintu, lemari, jendela, kursi ataupun meja dan bahkan les profil plafon.

Harga yang diterapkan Meubel Jesika pun termasuk murah, untuk satu buah lemari dua pintu dijual dengan harga Rp 2,2 juta, sedangkan lemari tiga pintu dilepas Rp 3,1 juta dengan menggunakan bahan kayu berkualitas.

Pengaruh Covid-19 Terhadap Usaha Meubel

Untuk produk kusen, Meubel Jesika membuka penjualan dengan harga Rp 300 ribu untuk kusen pintu. Sementara untuk pintu, dijual dengan harga Rp 1,1 Juta lengkap dengan kunci.

Meubel Jesika sendiri mulai dibuka pada tahun 2016. Owner dari meubel ini, Jajang Zaenal sebelumnya sudah memiliki pengalaman didunia meubel dengan menjadi tukang pada usaha meubel milik orang lain. Dari situlah, Jajang Zaenal merintis usaha mandirinya.

Dalam segi pemasaran, Meubel Jesika menggunakan metode penjualan terbuka dan online melalui akun facebook https://www.facebook.com/jesika.maharani.9404 atau melalui nomor WhatsApp 081355739926. Meubel Jesika berlokasi di Desa Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya samping kantor Irigasi. 

Jajang Zaenal berharap agar Wabah Covid-19 dapat segera teratasi sehingga usahanya bisa berjalan dengan lancar kembali. #(lipu4morowali)

[zombify_post]