PPDB KOTA MEDAN 2022

Pengamat: Pertemuan Surya Paloh-SBY Buka Peluang Komunikasi Elite Politik Lain

Pengamat: Pertemuan Surya Paloh-Sby Buka Peluang Komunikasi Elite Politik Lain

JAKARTA, Liputan4.com | Pertemuan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dengan Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Minggu 5 Juni 2022 dinilai sebagai upaya negosiasi untuk melawan parpol yang tengah berkuasa saat ini.

Demikian analisis pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin saat dihubungi Liputan4.com, Selasa 7 Juni 2022.


Ujang menilai pertemuan antara Paloh dengan SBY akan membuka kemungkinan adanya pertemuan lanjutan antara kedua belah pihak maupun dengan parpol lain.”Intensitas pertemuan antar elite akan terus berlangsung,” ujarnya.

Di samping itu, dia juga tidak memungkiri potensi terbentuknya koalisi antara Nasdem dan Demokrat mengingat gen kedua parpol itu lahir dari satu parpol yang sama.

Namun, Ujang melihat koalisi Nasdem dan Demokrat belum cukup untuk memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold. Sehingga kemungkinan masih akan terjadi komunikasi dengan parpol lainnya.

“Karena NasDem dan Demokrat belum dapat koalisi, tentu akan terus melakukan pendekatan-pendekatan pada ketum-ketum partai agar bisa saling menjajaki satu sama lain,” ia menambahkan.

Partai NasDem sendiri sebenarnya baru akan mulai menjajaki koalisi setelah mengantongi nama capres yang hendak didukungnya dalam Pilpres 2024. Nama-nama capres tersebut akan dijaring melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas) NasDem 2022.

Rencananya Rakernas dilaksanakan pada 15 hingga 17 Juni 2022 mendatang.

(Tim)

Print Friendly, Pdf & Email