Penderita Kangker Payudara Warga Desa Tanjung Jaya, Kian Hari Sangat Memprihatinkn

Reporter: Sri Widodo Topik: Informasi Publik, Lampung
  • Bagikan
Penderita Kangker Payudara Warga Desa Tanjung Jaya, Kian Hari Sangat Memprihatinkn

Liputan4 com. Palas, Lampung Selatan

Dewi (39) warga RT.01,RW 01 Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, ibu rumah tangga, terpaksa harus menahan sakit setiap hari di rumahnya. karena menderita Kangker payudara.


Sudah hampir 1 tahun wanita yang mempunyai dua anak perempuan itu terus menahan sakit di bagian dada sebelah kanannya. Bahkan penyakit yang ia derita semakin hari semakin parah hingga payudaranya sudah mulai membusuk.

Ramli suami Dewi menuturkan, istrinya itu kurang lebih satu tahun mengidap penyakit kangker payudara, tadinya tidak merasakan apa-apa, setelah merasakan rasa sakit dan ada benjolan kecil, di bawalah ke puskesmas rawat inap bumidaya untuk periksa. Bahkan sudah tiga rumah sakit yang sudah didatanginya untuk menjalani pengobatan. Sempat juga akan di oprasi tetapi tidak jadi.

“Ya mas sudah tiga rumah sakit yang kami datangi untuk berobat, Rumah sakit BOB Bazar Kalianda, Rumah sakit Bayangkara dan Rumah Sakit Urip, di bandar lampung” Tuturnya

Penderita Kangker Payudara Warga Desa Tanjung Jaya, Kian Hari Sangat Memprihatinkn

Dia menambahkan tadinya akan dilakukan oprasi terapi tidak jadi, dianjurkan oleh dokter untuk terapi, setelah diterapi bukanya membaik tapi malah nambah parah sekarang kondisinya seperti ini sudah tidak bisa di gerakkan kakinya.
Melihat kondisi sang istri makin memburuk, dia hanya bisa pasrah.

” Ya mas mau bagaimana lagi kami jadi trauma di bawa kerumah sakit lagi, istri juga jadi trauma mas karna sudah akan di oprasi tidak jadi” Katanya

Sedangkan Kepala Desa Tanjung Jaya Santoso, membenarkan bahwa ada warganya yang menderita kangker payudara karna sempet di kunjungi oleh pihak kecamatan dan puskesmas bersama pihak desa.

” Itu warga saya mas, saya sudah mengunjungi bersama bu camat dan KUPT, Puskesmas dan Kapolsek ini yang kedua kalinya pihak puskesmas mengunjunginya” Kata Kades saat kunjungan bersama pihak puskesmas Rawat inap Bumidaya, Sabtu, (13/11/2021).

Dia juga menambahkan ada sekitar 9 orang warganya yang menderita kangker payudara salah satunya adik dia sendiri tetapi adiknya sudah sembuh.

Di tempat yang sama Desita Naskes Puskesmas Rawat Inap Bumidaya mengatakan, “dulu pernah di bawa ke puskesmas untuk jalani pemeriksaan, dan kami anjurkan untuk di bawa kerumah sakit BOB, Bazar Kalianda untuk pemeriksaan lebih lanjut, sebab alat medis di puskesmas tidak ada” Ungkapnya

“Adakan sekarang pihak keluarga membutuhkan bantuan untuk kendaraan pihak puskesmas siap untuk mefasilitasi, kapanpun pihak puskesmas siap”.Imbuhnya

Print Friendly, Pdf & Email
  • Bagikan