Pemprov Sulsel – Pelindo IV Persero Bahas Pendampingan Akses Jalan Tol MNP

  • Bagikan
Pemprov Sulsel – Pelindo IV Persero Bahas Pendampingan Akses Jalan Tol MNP

Makassar, Liputan4.com – Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani, menghadiri rapat pembahasan lanjutan pendampingan proses pengadaan akses jalan Tol Makassar New Port (MNP) yang diadakan PT Pelindo IV Makassar, Selasa, 18 Mei 2021.

Abdul Hayat menyebutkan, kegiatan ini adalah bentuk silaturahmi usai lebaran. Juga merupakan bentuk kerja-kerja strategis untuk pembangunan di Sulsel, yang merupakan bagian dari pembangunan Indonesia.

“Ini adalah kerja-kerja strategis yang kita sama-sama banggakan untuk Sulsel dan Indonesia pada umumnya. Pemprov adalah supporting system dalam memperkuat ide-ide atau gagasan dan inovasi,” kata Abdul Hayat.

Ia mengatakan, akselarasi pembangunan terus didukung Pemprov pada Proyek Strategis Nasional (PSN), seperti Makassar New Port dan kereta api Makassar-Parepare. Pemprov juga telah membuat tim percepatan terpadu untuk tujuan ini. Progres pembangunan juga dipantau oleh Kantor Staf Kepresidenan.

Ia berharap pada pembangunan Makassar New Port juga penting restorasi sosial masyarakat. Dalam hal ini seperti peran Pelabuhan Poetere pada Kota Makassar.

“Menurut saya yang terpenting tadi itu adalah Poetere, restorasi sosialnya muncul kembali. Sejarah yang kita kembalikan, di mana asal usul dan kejayaan itu bisa kita masukkan dalam membangun sinergitas antara pusat, daerah dan kota,” sebutnya.

Dengan hadirnya MNP, maka Kota Makassar akan memiliki pelabuhan peti kemas bertaraf internasional.

Sedangkan, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, menjelaskan, pertemuan ini merupakan rapat tim terpadu dalam rangka membahas perencanaan pengadaan lahan untuk jalan akses Tol Makassar New Port .

“Jadi kita bersama tim terpadu mengadakan rapat koordinasi bersama Pelindo, Pemprov Sulsel diwakili Sekda Propinsi Sulsel, Kakanwil Pertanahan Sulsel, membahas persiapan pembebasan lahan untuk jalan utama masuk ke Makassar New Port,” kata Danny.

Sementara, Dirut Pelindo IV Persero, Prasetyadi, mengatakan, pembangunan fisik jalan akses masuk MNP sudah diproses tahun ini.

“Untuk pembebasan lahan, tahun 2022 bisa kita targetkan diselesaikan,” ujarnya.

Prasetyadi menambahkan, rencananya konsep jalan akses masuk ke MNP adalah berbentuk rumah Tana Toraja . Di belakangnya rumah Bugis dan secara keseluruhan konsepnya seperti Kapal Pinisi.

“Untuk itu kami memohon bantuan Pemprov Sulsel, Pemkot Makassar, beserta Kakanwil Pertanahan untuk mempercepat proses pembebasan lahan,” imbuhnya. (*)

Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan