Pemkot Jayapura Gelar Rapat Koordinasi Untuk Mengantisipasi Terjadinya Bencana

  • Bagikan
Pemkot Jayapura Gelar Rapat Koordinasi Untuk Mengantisipasi Terjadinya Bencana
Ir. H. Rustan Saru, MM (Wakil Wali Kota Jayapura) Pimpin Rapat Koordinasi di Kantor Wali Kota Jayapura (27/04/2021) Pagi (Dok foto:/Akim)

Liputan4 JAYAPURA  |  Pemerintah Kota Jayapura menggelar rapatkoordinasi dalam rangka menghadapi perubahan cuaca dan mengantisipasi terjadinya bencana yang dapat mengancam kehidupan dan penghidupan masyarakat, yang dilaksanakan pada hari Selasa (27/04/2021) pagi di Kantor Wali Kota Jayapura.

Pemkot Jayapura Gelar Rapat Koordinasi Untuk Mengantisipasi Terjadinya Bencana
Ir. H. Rustan Saru, MM (Wakil Wali Kota Jayapura) saat Memimpin Rapat Koordinasi di Kantor Wali Kota Jayapura (27/04/2021) Pagi (Dok Foto:/Akim)

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Ir. H. Rustan Saru, MM sebagai Wakil Wali Kota Jayapura yang dihadiri oleh TNI/POLRI dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tingkat Kota Jayapura dan Provinsi Papua serta beberapa Organisasi dan Media

Saat ditemui oleh Liputan4.com, Ir. H. Rustan Saru, MM mengatakan rapat koordinasi hari ini untuk memetakan situasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi musibah yang akan terjadi dikemudian hari.

“Dari pertemuan tadi kita telah memberikan tugas masing-masing, ada yang menangani pembersihan saluran dari PUPR, ada yang menangani pembersihan kali dan sungai dari Balai Wilayah Sungai dan ada juga dari DLHK mengenai sedimen-sedimen yang sampah-sampah, ada yang menagani pembersihan jalan lewat Balai Jalan terkait dengan penangan teknis seperti longsor di jalan dan penyumbatan-penyumbatan drainase kita di jalan protokol” ujar Wakil Wali Kota

Kemudian pihaknya juga meminta kepada Pemerintah Distrik untuk memetakan lokasi-lokasi yang memang salurannya tersumbat agar pihaknya bisa menindaklanjuti untuk membantu membersihkan sehingga dapat mencegah banjir dan penularan penyakit malaria yang cukup tinggi di Kota Jayapura.

“Kemudian penanganan banjir di wilayah Koya Timur sudah ditangani oleh Balai Wilayah Sungai untuk pembuatan tanggul dan pengerukan beberapa kanal-kanal irigasi di daerah tersebut,” jelasnya.

Ia juga menambahkan terkait penanganan kebakaran dan longsor pihaknya meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Jayapura bekerja sama dengan Dinas Perhubungan, Kelurahan dan Distrik serta Provinsi untuk memasang papan bicara sebagai peringatan di titik yang rawan bencana.

“Terkait permasalahan kebersihan di Kota, kita meminta agar pertugas kebersihan harus disiplin menggunakan pakaian seragam untuk kebersihan, atribut seperti masker, sarung tangan, baju rompi yang ada scotlitenya sehingga kalau bekerja di malam atau subuh hari sebagai antisipasi agar tidak terjadi tabrakan karena adanya scotlite menyala,” ujar Rustan.

Rustan Saru juga meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup & Kebersihan (DLHK) untuk dapat memetakan dan segera memotong atau membersihkan pohon-pohon yang rawan tumbang di sekitar jalan untuk mengantisipasi ketika ada angin kencang yang dapat membahayakan pengguna jalan.

Penulis: Akim

Editor: Makatita

Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan