Pemkab Luwu Timur Gelar Vaksin PMK Aftogen Oleo di Kalaena

Luwu Timur – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan melakukan kegiatan Vaksin PMK yang di Koordinator oleh Deny Fajar Kepala Bidang Peternakan (Medik VETE RINER). Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) dilakukan di Desa Sumber Agung dan Sumber Makmur Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur. Kanis, (1/12/2022).

” Akan dilakukan Booster di 6 bulan kedepannya guna untuk memastikan ternak – ternak di Kabupaten Luwu Timur mendapatkan anti Gen”, Tutur Deny Fajar


Penyakit mulut dan kuku (PMK) adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular. Penyakit ini menyerang semua hewan berkuku belah/genap, seperti sapi, kerbau, babi, kambing, domba termasuk juga hewan liar seperti gajah, rusa dan sebagainya.

KULIAH GRATIS BEASISWA

Salah satu peternak sapi Kadek Murdana menyampaikan ke awak media banyak sapi yang terkena penyakit PMK di Desa Sumber Agung, Sehingga harga sapi ternak menurun.

Salah Satu Tim Vaksin Penyakit Mulut dan Kaki, M. Irvan Al Fawzi menyampaikan ke awak media, sudah melakukan penyuntikan kurang lebih 20 ekor Hewan Ternak yang berada di Desa Sumber Makmur, belum di tambah lagi di Desa Sumber Agung yang sementara berjalan ini.

” Apabila sudah dilakukan penyuntikan, ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku, sudah tidak berbahaya, walaupun terkena dua kali penyakit Mulut dan Kuku”, ucap M. Irvan Al Fawzi