Pemkab Garut dan IKA UNPAD Gelar Vaksinasi Covid-19 Untuk Lansia dan Pra Lansia

Reporter: Asep Herdiana Kategori: Jawa Barat, Pemerintahan
  • Bagikan
Pemkab Garut dan IKA UNPAD Gelar Vaksinasi Covid-19 Untuk Lansia dan Pra Lansia

LIPUTAN4.COM. GARUT, – Bupati Garut, Rudy Gunawan membuka secara langsung kegiatan vaksinasi pra lansia dan lansia yang digelar oleh IKA UNPAD (Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjajaran), bekerja sama dengan Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP) Indonesia, Unicef, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut yang dilaksanakan di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (12/6/2021).

Bupati Garut mengucap syukur dengan dilaksanakannya vaksinasi untuk pra lansia dan lansia. Ia juga menerangkan bahwa IKA UNPAD dalam mempromosikan kegiatan vaksinasi ini memiliki cara yang unik dengan mengadakan kegiatan perlombaan yaitu lomba video. “Tentu kita bersyukur hari ini kita melaksanakan kegiatan vaksinasi untuk pra lansia dan lansia kerjasama IKA Unpad dengan berbagai komunitas yang ada di Garut khususnya dinas kesehatan yang menyelenggarakan kegiatan hari ini. Tentu selain itu biasanya Unpad ada inovasi yaitu dalam rangka mempromosikan kegiatan ini dengan mengadakan perlombaan,” kata Bupati Garut.

Rudy mengungkapkan, pihaknya sudah siap untuk melaksanakan vaksinasi dalam kurun waktu enam bulan. “Meskipun demikian, kami dari Pemerintah Kabupaten Garut telah siap dengan seribu lebih vaksinator dan kami siap dengan tiga ratus ribu vaksin perbulan. Dan tentu akan kami selesaikan dalam waktu yang singkat dengan 1,8 juta x 23,6 juta kami selesaikan dalam waktu enam bulan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum IKA FK (Fakultas Kedokteran) Unpad, dr. Lia G. Partakusuma, dr., SpPK (K), MM, MARS, mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya menargetkan seribu orang, sedangkan yang baru mendaftar adalah sekitar 600 orang peserta. Ia berharap, kegiatan ini bisa menurunkan angka kematian akibat Covid-19. “Sampai kemarin itu terdaftar di kami hampir 600 (pendaftar), nah kami berharap kalau bisa sampai seribu lansia, pra lansia, dan pengantar ini sudah disiapkan vaksinnya. Ini mudah-mudahan bisa membantu Kabupaten Garut untuk percepatan agar penularan Covid-19 ataupun mereka kena tetapi mereka akan menjadi lebih ringan sehingga menurunkan angka kematian Covid-19,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Maskut Farid mengatakan dengan adanya kegiatan vaksinasi pra lansia, lansia dan pengantar ini tingkat partisipasi masyarakat terhadap vaksinasi terutama lansia bisa meningkat. “Untuk proses vaksinasi, kita ini mampu lah ya karena kita sudah punya tim ada 67 puskesmas dan kita juga sudah berpengalaman dalam melaksanakan vaksinasi massal. Nah makanya dengan adanya hari ini, yang kita harapkan adalah tingkat partisipasi masyarakat terutama lansia kita masih kecil targetnya, kita masih kecil perolehannya, ini semuanya bisa melaksanakan vaksinasi,” pungkasnya.

Dilansir : Diskominfo Garut

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan