PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

Pemdes Balo-balo Gelar Rapat Internal Bersama Pengurus Bum Desa

  • Bagikan
Pemdes Balo-balo Gelar Rapat Internal Bersama Pengurus Bum Desa

Luwu Timur- Pemerintah Desa Balo-balo menggelar Rapat internal bersama Badan Usaha Milik Desa (Bum Desa). Rapat dilaksanakan di Aula kantor Desa Balo-Balo (28 Juli 2021). Pertemuan ini dimulai sejak pukul 09.30 hingga pukul 15.00 WITA dan Dihadiri oleh Direktur, Pengawas, dan Penasehat Badan Usaha Milik Desa.

Dimana Rapat ini dimaksudkan untuk menghasilkan beberapa hal yang diangap penting dan mendesak, sebagai upaya kelangsungan Badan Usaha Milik Desa yang berjalan secara maju dan sehat serta bermanfaat guna bagi kelangsungan hidup masyarakat di desa Balo-Balo.

Sekretaris Desa Balo-balo Pawenari, S.PdI menjelaskan dalam pembahasan yang dilakukan tentang beberapa hal penting yang dibicarakan dalam pertemuan ini adalah mengenai kelengkapan administrasi pendaftaran badan hukum bagi bum desa.

“Yang di bahas terkait ART Bum Desa, Rencana Usaha Bum Desa, hal ini yang menjadi segmen pembicaraan internal bagi pengurus operasional Bum desa, pengawas Bum Desa, dan penasehat Bum Desa, dan merupakan rekomendasi pembahasan pasca musdes beberapa Minggu yang lalu”. Ungkapnya

“Setelah point’ pembicaraan tersebut selesai sebagai salah satu segmen, maka Sebagai pengawas bagi Bum Desa, juga mengajukan beberapa hal terkait Bum Desa, diantaranya adalah menyangkut masalah laporan keuangan Bum Desa bagi usaha yang sedang dan yang telah berjalan, juga mengkonfirmasi mengenai managemen pelaksanaan usaha kaitannya dengan aduan masyarakat serta hasil pengamatannya sebagai pengawas”. Papar Pawenari

“pengelolaan wisata, dan pengelolaan simpan pinjam, hal tersebut merupakan kewenangan konstitusional bagi pengawas sebagaimana dijelaskan dalam PP No. 11 tahun 2021, untuk dapat diketahuinya”. Tutupnya

Diforum yang sama proses dialog berjalan sangat demokratis, terjadi proses adu argumen dengan sangat logis dan realistis.

Dalam pertemuan tersebut, dalam rencana bisnis yang diajukan oleh Bum Desa dihadapan pengawas dan penasehat yakni, Unit usaha BRI Link serta penjualan pulsa listrik, akhirnya disetujui, dengan catatan:

1. Bum Desa harus menyiapkan Rencana bisnis yang lebih memadai untuk tahun 2022 yang dapat menyentuh Aspek Potensi Desa dalam hal ini adalah; Budidaya rumput laut, sebagi produk unggulan desa,

Diharapkan mampu membantu peningkatan produksi bagi petani rumput laut, dengan menyiapkan lantai jemur, serta layanan dukungan permodalan bagi petani.

2. Selain rumput laut, Bum Des juga diharapkan dalam rencana bisnisnya memuat konten pemberdayaan dibidang pertanian khususnya petani sawah.

3. Untuk pengembangan pariwisata, Bum Desa tidak investasi disektor ini, karena sedang dalam proses penyusunan Master Plan pengembangan pariwisata.

 

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan