Pelantikan Pengurus IKATAN AKUNTAN INDONESIA (IAI) Wilayah Kalsel

Pelantikan Pengurus Ikatan Akuntan Indonesia (Iai) Wilayah Kalsel
Pelantikan Pengurus Ikatan Akuntan Indonesia (Iai) Wilayah Kalsel
Wakil Ketua Iai Wilayah Kalsel Dr. M. Ramadhan.,Se.,Me.,Ak.,Ca, (Poto Istimewa)

Liputan4.com, Banjarmasin-Setelah mendapat mandat Surat Keputusan Ketua Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia Nomor : KEP-22/SK/DPN/IAI/IV/2021  tanggal 1 April 2021 tentang Pengangkatan  Pengurus Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan, Sabtu, 12 Juni 2021 dilaksanakan Pelantikan secara daring oleh Ketua DPN IAI Prof. Mardiasmo, MBA.,Ph.D.,CFra.,QIA.,Ak.,FCMA.,CGMA.,ASEAN CPA.,CPA (Aust).,CSFA.,QGIA kepada Pengurus IAI Wilayah Kalsel di Hotel Rattan Inn Banjarmasin.

Sebagai Penasehat IAI Wilayah Kalsel 1. Gubernur Kalimantan Selatan, 2. Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, 3. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan, 4 Kepala Kanwil Pajak Kalimantan Selatan, 5. Walikota Banjarmasin, 6. Drs. Ec. Gt. Machfudz, Ak., CPA, 7. Dra. Rawintan E. Binti, M.Com., MTQM (Hons)., Ak., CA., CMA 8. Dr. Fahmi Rizani, Drs, MM., Ak., CA., CPA, 9. Drs. Nalem Sembiring, AK., CPA dan 10 Dr. M. Djaperi, Drs., Ec., M.Si., AK., CA.


Sebagai Ketua IAI Wilayah Kalsel diemban oleh Dr. Atma Hayat. Drs.,Ec.,M.Si.,Ak.,CA, Wakil Ketua Dr. M. Ramadhan.,SE.,ME.,Ak.,CA, Sekretaris Dr. Wahyudin Nor.,SE.,M.SI.,Ak., CA., CSRS., CSRA dan Bendahara Dra. Isnawati, MM., Ak., CA dibantu oleh Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Bidang Pengembangan Kompetensi dan Profesionalisme, Bidang Humas dan Kerjasama antar Lembaga, Bidang Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat, Bidang Akuntan Pendidik, Bidang Akuntan Sektor Publik, Bidang Perpajakan, Bidang Akuntan Kantor Jasa Akuntan, Bidang Akuntan Syariah.

Dalam sambutannya Dewan Penasehat Pj. Gubernur Kalsel Dr. Drs. Syafrizal, M.Si berharap pengurus IAI Kalsel dapat berperan menyiapkan SDM serta daya saing daerah, peran akuntan dalam tata Kelola sektor public (good Government) dalam rangka verifikasi kewajaran berbagai transaksi keuangan negara & daerah, selain itu pada tata Kelola sektor privat maka pelaku investasi dan investor terutama dalam pasar terbuka akuntan harus dapat mendukung good corporate government (akuntabilitas, transparansi dan responsibility), disisi lain perkembangan teknologi khususnya dibidang informasi dan komunikasi merubah pola kehidupan hingga pola kerja diberbagai profesi, perubahan ini menyebabkan factor resiko yang tinggi, disinilah perkembangan profesi akuntan berperan tidak hanya mengelola pembukuan manual saja namun harus bergeser kearah yang lebih strategik dan konsultatif, profesi akuntan kedepan juga harus mempertimbangkan perkembangan kemajuan tekhnologi informasi dalam mengembangkan softskil, kedepan profesi akuntan bisa mengembangkan big data proses bisnis keuangan, atestasi maupun non atestasi bagi masyarakat.

Di masa pandemic ini diperlukan kolaborasi dan strategi SDM yang tepat dengan melibatkan seluruh pihak termasuk profesi IAI dengan inovasi dan kompetensi, mari kita curahkan waktu dan tenaga kita untuk terus bersama-sama bekerja dan sama-sama berkarya bagi bangsa dan negara, “Meulah atang tatak behalang kayu meranti jadi pilihan profesi akuntan teruslah berkembang ayo kita songsong masa depan” pungkas beliau.

Setelah mengambil sumpah dan pembacaan fakta Integritas Pengurus IAI Wilayah Kalsel Periode 2021-2025, Ketua DPN IAI Prof. Mardiasmo dalam sambutan pengarahannya menyampaikan melalui prakarsa 6.1 memperkuat peran IAI dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap entitas bisnis dan public dengan menyiapkan Akuntan Profesional menghadapi masa depan, sebagai pengurus IAI harus mengantisipasi terhadap perkembangan profesi di era digital dengan terjadinya disparitas profesi akuntan antar wilayah harus mendapat perhatian yang serius, pengurus IAI Wilayah Kalsel segera membuat program kerja yang sejalan dan selaras dengan program Umum DPN IAI dengan mengoptimalkan Kerjasama dengan berbagai kalangan stakeholder.

IAI Wilayah Kalsel Harus bisa merespon dinamika lingkungannya dengan baik dengan secara aktif menata ulang dan sekaligus merifitalisasi profesi akuntan untuk berkontribusi optimal bagi pembangunan ekonomi bangsa, IAI Wilayah Kalsel dapat meningkatkan aktivitas dan peran IAI Knowledge Center sebagai wadah yang dijadikan IAI untuk melakukan berbagai aktivitas Pendidikan, pelatihan dan sertifikasi diharapkan oleh anggota dan masyarakat luas dapat beraktivitas meningkatkan dan mengembangkan keilmuan khususnya yang berhubungan dengan akuntansi khususnya Akuntansi Forensik, Auditing Forensik, Digital Forensik.

Selamat berkarya dan beraktifitas dan diyakini pengurus baru memiliki komitmen untuk mengantarkan IAI sebagai organisasi profesi yang dicintai dan disegani oleh para konstituannya, dukungan dari seluruh anggota IAI Wilayah Kalsel sangat diharapkan  demi kemajuan profesi akuntan, marilah kita bersama-sama membangun profesionalisme semua anggota dengan menjaga dan memastikan kualitas pelayanan IAI kepada semua anggota dengan 3S (Sehat, Senyum dan Semangat) dengan Serius tapi santai pungkas Prof. Mardiasmo.

Sementara itu Ketua IAI Wilayah Kalsel Dr. Atma Hayat. Drs.,Ec.,M.Si.,Ak.,CA, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan petuah dari Dewan Penasehat (Pj. Gubernur Kalsel) dan Ketua DPN IAI, sebagaimana diketahui IAI Kalsel merupakan kepanjangan DPN IAI yang memiliki tugas kepada anggotanya dan masyarakat luas dalam rangka mengawal perekonomian dan menjaga akuntabilitas, kerangka kerja organisasi IAI sudah sangat jelas yang mengacu pada prakarsa 6.1 dengan komitmen menguasai perubahan dan menyiapkan masa depan, IAI Kalsel mempunyai 235 anggota (1 anggota muda, 69 anggota madya, 174 anggota utama) tutup beliau.