PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

Pelantikan PD MIO Siantar Simalungun Sukses Dilaksanakan di Kota Wisata Parapat

Pewarta: Norton Simanullang Topik: Sumatera Utara
  • Bagikan
Pelantikan PD MIO Siantar Simalungun Sukses Dilaksanakan di Kota Wisata Parapat

Pelantikan PD MIO Siantar Simalungun Sukses Dilaksanakan di Kota Wisata Parapat

Liputan4.com, Pematangsiantar
Sempat mengalami penundaan beberapa kali akhirnya pelantikan MIO Siantar Simalungun sah dilakukan pada Jumat (16/07/2021) lalu. Organisasi Perkumpulan Media Independen Online (MIO) Indonesia Pengurus Daerah (PD MIO Indonesia) Siantar Simalungun dilantik oleh Ketua Dewan Pakar MIO Pusat Brigjen Pol Dr. Viktor Pudjiadi SpB, FICS DFM dan Sekjen Franz X Watu di Hotel Patra Jasa Comfort Parapat, Simalungun Sumatera Utara. Kegiatan ini diikuti sekitar tiga puluhan pengurus MIO Siantar Simalungun dari berbagai media online baik lokal maupun nasional.

Usai acara para pengurus yang dilantik secara kompak ingin bersinergi untuk menjadi Pers yang independen dan kommit menjadi kontrol sosial masyarakat. ‘Siap Bersinergi Demi Indonesia Bangkit’ adalah tema yang diusung para pengurus MIO ke depan.

Hal ini ditegaskan oleh Ketua DPD MIO Siantar Simalungun Horas Sianturi SH, MTh di sekretariat MIO, Gedung Graha Citra Keadilan No 1, Kel. Nagahuta Siantar Marimbun, Kota Pematangsiantar Jumat (23/7/2021).

Bagi Horas Sianturi, jurnalis baik media cetak maupun jurnalis online harus dilindungi dalam menjalankan tugas peliputan di lapangan.
“Untuk itu, dengan adanya MIO Indonesia di Siantar Simalungun, jurnalis tetap merasa nyaman dalam tugas jurnalistiknya,” kata pengacara ini.

Suksesnya pelantikan ini dikatakan Horas tak lepas dari dukungan banyak pihak, tak terkecuali Pimpinan Pusat MIO.
“Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi sekaligus ucapan terimakasih kepada Ketua Umum MIO INDONESIA AYS. Prayogie dan Ketua Mandatoris Pengurus Wilayah Sumut, Bachtiar yang sudah memberikan kepercayaan kepada kami untuk pengembangan organisasi MIO INDONESIA di Siantar Simalungun”, ujar Horas.

Pada saat pelantikan, secara Virtual Ketua Umum MIO Indonesia AYS Prayogie menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada jajaran pengurus PD MIO Siantar-Simalungun yang telah dilantik.
“Saya berharap agar seluruh Jajaran Pengurus MIO Siantar – Simalungun dapat bekerja secara kompak dan mampu menjalankan berbagai Program yang tertuang dalam Road Map MIO Nasional”, harap Prayogie.

Ketua Umum itu juga berpesan agar seluruh jajaran pengurus bisa melakukan pembinaan dan pengayoman kepada anggota MIO. Dengan demikian para jurnalis yang tergabung dalam MIO bisa menempatkan keberadaan organisasi sebagai wadah yang menaungi perusahaan pers berbasis online dan menjalin kemitraan strategis lintas sektoral dengan berbagai pihak.

“Jadikanlah Organisasi MIO INDONESIA ini sebagai rumah besar kita bersama, sebagai sarana untuk berkumpul, berkonsultasi sekaligus sebagai wadah pembinaan juga pemberdayaan,” ujar Prayogie.

Selain itu, Prayogie juga menegaskan pentingnya insan pers melewati proses Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Hal tersebut menurutnya mutlak dilakukan.

Terlebih saat ini keberadaan perusahaan media berbadan hukum maupun yang belum dan belum terverifikasi di Dewan Pers jumlahnya sudah mencapai ribuan media di seluruh Indonesia dan belum semuanya terwadahi dalam organisasi yang ada saat ini, ujar pimpinan redaksi berambut gondrong itu.

Ditegaskan lebih jauh oleh Prayogie bahwa dalam waktu dekat ini bahwa organisasi MIO INDONESIA akan melakukan UKW Mandiri bekerjasama dengan LPDS atau lembaga Perguruan Tinggi yang sudah terakreditasi dan juga terverifikasi keberadaannya di Dewan Pers.

Ketua Pelaksana Jes Sihotang menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi hingga Suksesnya Pelantikan DPD Media Independen Online (MIO) Siantar Simalungun.
“Semua ini tentu tidak terlepas dari dukungan semua pihak dan para donatur yang sudah memberikan apresiasinya dalam berbagai bentuk. Untuk itu, kami menyampaikan terimakasih secara khusus Kepada Pemkab Simalungun, Pemko Pematangsiantar, Kapolres Simalungun, Dandenpom Pematangsiantar, Dandim 0207/Simalungun, Kapolres Siantar, Ka BNN Kota Siantar, PTPN di Wilayah Simalungun, Kejari Simalungun, PT Toba Pulp Lestari, Tbk, PT INALUM, PT Japfa, Khas Parapat. NIAGARA Hotel Parapat, Atsari Hotel, PT Wika, Maraden Sinaga Anggota (DPRD Simalungun), Kapolsek Parapat, Danramil 011 Parapat atas segala dukungan dan sumbangsihnya kepada Panitia Penyelenggara, serta kepada Pengurus DPD MIO Siantar Simalungun,” apresiasi Jess Sihotang.

Kami sampaikan terimakasih juga kepada semua undangan yang hadir saat pelantikan DPD MIO Siantar Simalungun. Kami mohon maaf atas keterbatasan undangan dan tempat. Ini terjadi karena situasi pandemi, sambungnya.

Sementara itu, Zulkifli yang ikut mensukseskan pelantikan di sela sela acara berharap agar para wartawan yang tergabung dalam PD MIO Siantar Simalungun ini tetap melaksanakan tugas jurnalistik nya dengan profesional. “Tetap ingat UU Pers no 40 itu, yang salah satu poin nya ialah menulis pemberitaan yang berimbang. Tetap konfirmasi kepada narasumber”, pesan Bendahara MIO yang juga pengusaha bengkel mobil terkenal Siantar ini. Pria yang suka humor ini berharap agar para wartawan Siantar-Simalungun melaksanakan tugasnya secara independen dan profesional.

Berikut adalah para jurnalis online yang menjadi pengurus MIO INDONESIA PD Siantar – Simalungun:
Horas Sianturi, SH, M.Th (Ketua), Benget Sinaga, SH (Wakil Ketua), Jesron Sihotang (Wakil Ketua), Ismail Chaniago (Wakil Ketua) Zion Magdalena Silalahi (Sekretaris), Zulkifli( Bendahara), dan Norton Manullang S.Ag (Ketua OKK).

Pengurus lain yang ikut dilantik ialah Bamby Iswadi Lubis, Harlin Malindo Sinaga, S.Pd, Firma Simbolon, Feriana Lubis, S.Pd, Kristina Natalia Sihite, SE., Fernando Maurits Siahaan, Daniel Nababan, SH, Harianto Sinaga, Samuel Yudy, Martin Silaen, Chuca Azhari,SH, Samuel Azarya Sianturi, SH, Rahmad Adiposo Hasibuan, SH, Reinhard Sinaga, SH Dahlia Suriani Saragih, SH, Maris Lambok Hutabarat. Andi Affianto, Dodoy Simamora, A.Md. Karmel Sitanggang, Toni Nasution, Evaman Telaumbanua, Henderson Silalahi, Harianto Silalahi, Bangkit Sinaga, Ganda Tua Sianturi, Hendra Sianturi, SE, Melinthon Sanjaya Sidabutar, Afrenton Sembiring. Heri Guci, Efendy Bakkara, Julister Sihite, S.Pd, Desmon Rumahorbo, Hendri Siadari, Dedy Sinaga, Hebo Manullang dan Horas Leonardus Sirait.

Seluruh rangkaian acara dijalankan dengan aturan Prokes yang ketat, termasuk kehadiran tim kesehatan dari Puskesmas Parapat.

Usai melantik Pengurus Daerah Media Independen Online (MIO- Indonesia) Pematang Siantar- Simalungun, Ketua Dewan Pakar MIO Indonesia Brigjen Polisi Victor Pudjiadi didampingi Sekretaris Jenderal Frans X Watu menyusuri indahnya panorama Wisata Batu Gantung dengan kapal. Tak lupa ritual manortor (menari) bersama dilakukan di obyek wisata Sigale Gale Tomok sebelum pemberian cendramata berupa ulos kepada Brigjen Pol Dr Victor Pudjiadi dan Franz X Watu oleh Pengurus. (Enji)

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan