News  

Peduli COVID-19, Pemdes Tondong Belang Kucurkan Rp 189 Juta untuk Warga Tak Mampu

Pemerintah Desa Tondong Belang, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, mengucurkan anggaran sebesar Rp 189.000.000 untuk menanggulangi dampak ekonomi wabah pandemi COVID-19 di desa tersebut.

Anggaran bersumber dari Dana Desa (DD) Tondong Belang Tahun 2020 sebagaimana diamanahkan melalui Peraturan Menteri Desa, PDTT No 6 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020.


Menurut Kepala Desa Tondong Belang, Fransiskus Vedi, bantuan tersebut akan dikucurkan kepada warga penerima dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Rujukan pelaksanaan BLT ini adalah Permendes PDTT No 6 Tahun 2020, dimana dalam aturan tersebut ada 3 priotas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 ditengah wabah COVID-19 yaitu Pencegahan dan penanganan COVID 19, Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan BLT Dana Desa. Oleh karena itu, berbasis data dari RT Tim relawan COVID 19 melalukan pendataan bersama-sama dan nanti akan di bahas melalui Musyawarah Desa untuk ditetapkan para penerimanya,” jelas Fransiskus Vedi, Jumat (1/5/20).

Jumlah penerima BLT yang disepakati dalam musyawarah desa tersebut, lanjut Fransiskus Vedi, yaitu 108 warga yang tidak terdata sebagai penerima bantuan sosial baik dari kabupaten, provinsi maupun pusat, dengan besaran BLT dan jangka waktu penerima sesuai dengan yang telah diatur dalam Permendes, PDTT terbaru.

“108 warga penerima ini memang warga kurang mampu di desa kita yang belum masuk dalam kategori bansos lainnya dari pemerintah sehingga kita bantu melalui program BLT Dana Desa ini,  dengan besaran bantuan sebesar Rp 600 ribu per KK selama 3 bulan sesuai dengan aturan dalam Permendes PDTT terbaru,” terang Fransiskus.

Ditambahkan Fransiskus mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan pencegahan dan penanganan COVID-19 di Desa Tondong Belang dengan sumber anggaran dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Tondong Belang tahun 2020 sebesar Rp 35 juta, sehingga total anggaran penanggulangan COVID-19 yang dikucurkan oleh Pemdes Tondong Belang kurang lebih sebesar Rp 224.000.000.

Sementara itu, Kepala Desa Tondong belang, Fransiskus, berharap bantuan tersebut benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya yakin bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat apalagi ditengah wabah COVID-19 seperti sekarang ini. Oleh karena itu, kami sangat mendukung program Pemdes Tondong Belang dalam membantu masyarakat yang kurang mampu ini,” tukas Fransiskus.