News  

PDAM Soe Dispensasi Pembayaran,Ini Yang Harus Dilakukan Konsumen

Pdam Soe Dispensasi Pembayaran,Ini Yang Harus Dilakukan Konsumen

 

Liputan4.com


Dengan menurunnya debit air beberapa sumber mata air di Kabupaten Timor Tengah Selatan sehingga guna melayani konsumen di wilayah kota soe maka selain mengoptimalkan sumur bor,dan pergantian pompa serta rehab bak penampungan,ada juga dispensasi pembayaran yang diberikan oleh PDAM Soe TTS.

Hal ini diungkapkan Direktur PDAM Soe,Lely Hayer kepada Liputan4.com Rabu (16/9/2020).
Didampingi Kabag Keuangan Lunu Missa,Lely menjelaskan bahwa sumber air Bonle’u yang debitnya 30 liter per detik dibagi rata sehingga semua konsumen bisa terlayani di musim panas saat ini.

Yang kita harapkan saat ini adalah air Bonle’u sehingga kita bagi untuk semua,selain sumber air lainya.

Salah satu antisipasi di musim panas adalah pemberian dispensasi pembayaran bagi pelanggan yang pemakaian tinggi namun tidak mendapat pelayanan air.
Ia lantas mencontohkan jika ada konsumen yang tidak mendapat air namun pemakaian tinggi. Hal ini diakibatkan karna meteran selalu dibuka tanpa mengetahui jadwal air mengalir.

“Banyak konsumen yang komplain terkait dengan pemakaian tinggi namun tidak memperoleh air sehingga tagihannya yang melambung,Nah ini yang kita kasih dispensasi”, jelas Lely.

Namun tidak serta merta semua konsumen harus memperoleh dispensasi pembayaran.
Menurutnya untuk mendapatkan dispensasi konsumen harus melaporkan/mengadu ke PDAM. Dan dari laporan tersebut pihaknya akan melihat kondisi lapangan untuk bisa memberikan dispensasi pembayaran.

“Kita kasih dispensasi jika ada laporan ke PDAM dan petugas akan turun lapangan untuk memastikan.
Banyak keluhan konsumen yang mengelur tagihan membengkak meski tidak mendapatkan air namun tidak pernah ada laporan ke PDAM,Jadi kalau ada yang alami hal tersebut,silahkan melapor supaya kita berikan dispensasi pembayaran”,jelasnya.
Hal ini menurutnya sesui dengan Permendagri 71 Tahun 2016

Namun dengan adanya rehab bak penampungan Oenasi dan pergantian pompa di sumur Nifuhuki, diharapkan bisa melayani konsumen secara optimal di musim panas.(Sys)