DIRGAHAYU BHAYANGKARA KET-76

PD Pasar, Pemerintah dan Masyarakat Fatubesi Harus Bersinergi Menata dan Menertikan Pasar Oeba 

Pd Pasar, Pemerintah Dan Masyarakat Fatubesi Harus Bersinergi Menata Dan Menertikan Pasar Oeba 
Foto Situasi Pasar Oeba di Kota Kupang

KUPANG – Perlu sinergitas yang baik antara baik PD. Pasar, Pemerintah Kelurahan Fatubesi, pedagang maupun masyarkat kelurahan Fatubesi untuk menata dan menertibkan aktivitas di pasar Oeba yang beralamat di Kelurahan Fatubesi, Kecamatan Kota lama Kota Kupang.

Harapan untuk membangun sinergitas itu datang dari Koordinator Kelompok Pedagang, Dominggus Adu Dethan, kamis (16/6/2022) yang sekaligus mewakili harapan seluruh pedagang di pasar Oeba yang beralamat di Keluarahan Fatubesi Kota Kupang.


Dominggus Adu Dethan menegaskan agar Pemerintah Kelurahan Fatubesi dan PD. Pasar Kota Kupang dalam melaksanakan kegiatan penataan dan penertiban area pasar Fatubesi (Oeba) di Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang tersebut harus memberikan rasa keadilan bagi seluruh pedagang maupun masyarakat yang berdomisili di seputaran wilayah Fatubesi.

Selaku Koordinator bagi para pedagang, Dominggus meminta agar pemerintah tidak boleh mementingkan kepentingan individu atau kelompok tertentu saja, harus berlaku adil dan bijaksana bagi semua orang yang melakukan aktivitas demi meningkatkan ekonomi  keluarga di pasar Oeba.

Dalam kesempatan yang sama Dominggus Adu Dethan memberikan pernyataan mewakili kelompok pedagang di pasar Fatubesi (Oeba) untuk mendukung program pemerintah melalui program pemulihan ekonomi nasional, dan mereka berjanji untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban di wilayah Kelurahan Fatubesi, di Kecamatan Kota lama, kota Kupang.

Perlu diketahui bersama bahwa pasar Fatubesi (Oeba) Kota Kupang merupakan wajah yang mewakili seluruh kelurahan Fatubesi pada umumnya, namun pada kenyataan yang ditemui di pasar Fatubesi (Oeba) Kota Kupang terlihat kumuh dan tidak terawat, dan terjadinya permasalahan-permasalahan yang hingga saat ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah Kota Kupang.

Penataan dan Penertiban Area di luar kawasan pasar Fatubesi (Oeba) bukan hanya menjadi tanggung jawab dari PD. Pasar Kota Kupang dan Pemerintah Kelurahan Fatubesi saja, melainkan menjadi tanggung jawab semua elemen, termasuk pedagang dan masyarakat di sekitar Kelurahan Fatubesi yang melakukan aktifitas di pasar Fatubesi (Oeba).

Pokok permasalahan yang telah dan terus terjadi bertahun-tahun lamanya itu yakni terkait kemacetan arus lalulintas dalam pasar, pedagang yang berjualan di luar area wilayah pasar yang menggunakan badan jalan, pengelolaan sampah serta kerusakan fasilitas jalan, itu semua merupakan permasalahan yang harus dikoordinasikan dan dikomunikasikan oleh PD. Pasar Kota kupang dengan instansi pemerintah yang membidangi langsung dan bertanggung jawab atas permasalahan tersebut, yakni Dinas Perhubungan Kota Kupang, Dinas Kebersihan, Satuan Pol. PP Kota Kupang, Kecamatan Kota Lama, dan Dinas PUPR Kota Kupang sehingga permasalahan pokok tersebut dapat teratasi dengan baik.

Perlu diingat bahwa dalam Pelaksanaan penataan dan penertiban pasar Fatubesi (Oeba) dalam pelaksanaannya harus dipertegas dengan komitmen bersama, sehingga tujuan untuk memberikan keamanan, kenyamanan serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

Semua harapan itu dapat terlaksana tentunya harus adanya regulasi yang ada melalui produk hukum yang dikeluarkan oleh pemerintah Kota Kupang sebagai bukti keseriusan dan perhatian pemerintah terhadap manajemen dan tata kelolah pasar yang berada di dalam wilayah kota kupang.

Masyarakat maupun pedagang yang akan ditata  serta ditertibkan oleh PD. Pasar Kota Kupang dan Pemerintah Kelurahan Fatubesi, harus  mendapatkan solusi yang tepat untuk keberlangsungan hidup yang pada umumnya bergantung pada kegiatan dan aktivitas berjualan di pasar.

Keterlibatan masyarakatpun harus dioptimalkan dengan menghindarkan kepentingan-kepentingan pribadi maupun golongan tertentu, sehinga pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 teratasi serta menjaga ketertiban dan keamanan yang kondusif terus terbangun baik PD Pasar, Pemerintah Kelurahan Fatubesi, Pedagang di Pasar Oeba, masyarakat Kelurahan Fatubesi maupun masyarakat pengunjung dan pebelanja di pasar Oeba. (tim/l4)*

Print Friendly, Pdf & Email