DIRGAHAYU BHAYANGKARA KET-76

PD GMDGJB Palas, Desa Gonting Julu Kecamatan Huristak, Datangi Dinas PMD, Terkait Calon Pilkades

Pd Gmdgjb Palas, Desa Gonting Julu Kecamatan Huristak, Datangi Dinas Pmd, Terkait Calon Pilkades

Liputan4.com.  Palas
Padang Lawas. Massa yang mengatas namakan Gerakan Masyarakat Desa Gonting Julu Bersatu ( PD GMDGJB Palas) melakukan aksi unjuk rasa di depan halaman Kantor Dinas PMD Padang Lawas, juma’at (17/06/22).

Orasi dipimpin koordinator aksi Indra Ansal Harahap dan koordinator lapangan Zul Ilham harahap sebagai kordinator lapangan menyampaikan beberapa tuntutan terhadap Kadis PMD Faisal Amrin Siregar, S.AP dimana tuntutannya meminta kepada Plt Bupati Padang Lawas drg. H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CH.t.MM.M.Si dan Kadis PMD Faisal Amrin Siregar, S.AP dan Bapak Camat serta panitia penyelenggara pilkades Padang Lawas agar meloloskan semua calon kepala desa yang sesuai SOP.


Pd Gmdgjb Palas, Desa Gonting Julu Kecamatan Huristak, Datangi Dinas Pmd, Terkait Calon Pilkades

Kata Indra, Apabila para calon kepala desa yang sudah memenuhi SOP dan tidak melakukan perbuatan kriminal (sesuai UU) di gugurkan dalam tahap penetapan, maka kami duga ada kongkalikong antara panitia pelaksana Pilkades untuk memenangkan kelompok tertentu dengan Alibi ada hubungan kekeluargaan.’Kata Indra.

Ditambahkan Indra, Kami masyarakat Desa Gonting Julu berharap kepada Bapak Plt Kadis PMD serta panitia penjaringan pilkades agar sportif menjalankan roda demokrasi pilkades yang Sesuai SOP (UU) yang berlaku.’harap Indra.

Salah satu Hatobangon/tokoh masyarakat Desa Gonting Julu Bapak Sonar Muda Harahap, Marwanuddin Harahap, Nur intan Hasibuan mewakili perempuan dan Subur Harahap. saat di wawancara wartawan mengatakan calon kades dari desa Gonting Julu yang seharusnya berjumlah 5 orang calon, dari calon yang 5 orang tersebut, yang lolos hanya 2 orang, sedangkan 3 orang calon kades gugur, bahwa ada informasi yang mengatakan 3 calon kades di gugurkan. Dari informasi itulah mereka melakukan orasi dan meminta pihak PMD untuk menjelaskan kepada kami, benar atau tidak informasi tersebut.’kata Sonar muda di dampingi Marwanuddin Harahap.

Ditambahkan Sonar, jika benar dugaan kami ini,, kami menduga ada permainan antara pihak dari dinas PMD yang bermain mata dan sudah tak sesuai undang undang yang berlaku. Kami datang ke sini (kantor Dinas PMD) menanyakan kepada kepala dinas PMD apakah hal yang kami juga benar adanya.’, Ujar Sonar

Dengan nada agak sedikit emosi, para pendemo mengatakan, jangan gara gara pilkades ini kami di desa Gonting Julu Huristak menjadi terpecah belah persaudaraan, dan jangan sampai kami di desa bertengkar karena ulah dari dinas PMD,’ kata mereka.

Sementara untuk menanggapi aspirasi dari masyarakat Desa Gonting Julu, pihak Dinas PMD melalui kasubbag Umum Hasan Mansur Lubis mengatakan Bahwa apa yang di sampaikan masyarakat dan Mahasiswa ini akan beliau sampaikan kepada kadis, karena beliau tidak dapat menjawab dengan pasti apa yang di tuntut masyarakat tersebut.

Sehubungan dengan jawaban pihak dinas PMD tersebut, Masyarakat merasa tidak puas dan akan menunggu jawaban pasti, serta akan menunggu jawaban yang jelas, serta akan melakukan orasi kembali habis istirahat siang (selepas sholat Jum’at).

Untuk mengantisipasi situasi di lapangan terkait aksi Masyarakat tersebut, Polres Padang Lawas menurunkan personil dan beberapa PJU yang di pimpin langsung Wakapolres Palas Kompol JW Sijabat SH, dibantu oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol- PP) Pemkab Palas.

Dari pantauan kami media ini, dan sampai berita ini kami angkat, situasi di lapangan dapat di kendalikan dan tertib.
(Sbn)

Print Friendly, Pdf & Email