Pastikan Distribusi Gula Rafinasi Tepat Sasaran, AGRI Kunjungi Kalimantan Selatan.

Pastikan Distribusi Gula Rafinasi Tepat Sasaran, Agri Kunjungi Kalimantan Selatan.

 

Banjarmasin-Liputan 4.com.Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI) melakukan kunjungan kerjanya ke Kalimantan Selatan mulai tanggal 12 – 13 April 2022.


Kunjungan kerja tersebut guna memastikan suplai gula rafinasi tepat sasaran sesuai dengan harapan AGRI, ke Provinsi Kalsel

Dalam kunjungannya kali ini, Executive Director AGRI Gloria Guida Manalu mengatakan sengaja meagendakan kunjungan ke sejumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Koperasi Harum Manis Bersatu dengan tujuan untuk melihat sejauh mana gula rafinasi dipakai untuk keperluan produksi UMKM.

“Ada beberapa UMKM yang akan dikunjungi hari ini di Kota Banjarbaru dan Banjarmasin, mulai dari UMKM yang memproduksi roti, sambel petis, sirup hingga kue basah khas lokal,” ungkapnya.

Selain itu AGRI juga direncanakan memberikan sosialisasi tentang manfaat penggunaan Gula Rafinasi kepada pelaku UMKM dengan menggandeng Balai Besar POM Kota Banjarmasin, Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi & Usaha Mikro Provinsi Kalsel di Swiss-Belhotel Borneo Banjarmasin.

“Melalui even ini kami ingin memberikan informasi tentang manfaat menggunakan gula rafinasi oleh UMKM. Selain itu kami juga ingin sekalian meluruskan bahwa penggunaan gula rafinasi itu aman dan sehat,” tambahnya.

Sementara itu, Koperasi Harum Manis Bersatu selaku distributor gula rafinasi yang ditunjuk oleh AGRI di Provinsi Kalsel memastikan bahwa penyaluran gula rafinasi di Banua sudah banyak memberikan manfaat yang besar bagi pelaku UMKM.

“Dengan memakai Gula Rafinasi pelaku UMKM kita bisa menghemat biaya operasional mereka. Lalu karena Gula Rafinasi ini lebih putih dan manis juga sangat cocok digunakan untuk UMKM yang bergerak dibidang kudapan,” beber Ketua Harum Manis Bersatu H Aftahuddin.

Saat ini suplai Gula Rafinasi ke Kalsel tiap bulannya melalui Koperasi Harum Manis Bersatu sudah menembus angka 2.800 Ton perbulan. Dengan suplai tersebut sudah banyak pelaku UMKM yang mendapatkan manfaat.

“Kita selalu mencoba mendistribusikannya secara merata kepada pelaku UMKM yang menjadi anggota Koperasi Harum Manis Bersatu. Karena kita ingin mereka semua bisa mendapatkan manfaat dari hadirnya Gula Rafinasi ini,” pungkasnya(Irwan L4).