Terkait Mutasi ASN, Bawaslu Mura Akan Berikan Sikap

IMG 20201007 170317 removebg preview 1

Kontruksi Hukum Diskualifikasi Paslon Di Pilkada Musi Rawas 2020

Liputan4.com – Musi Rawas.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan
Oktureni Sandhra Kirana, S.pd menyatakan, Akan Menindak lanjuti Kepada Salah Satu Paslon yang Maju pada Pilkada 2020 setelah sebelumnya tidak mengetahui adanya  Mutasi atau pergantian pejabat daerah (ASN) di Pemkab Musi Rawas beberapa waktu lalu

Bawaslu sebelumnya telah melarang mutasi jabatan jelang penyelenggaraan Pilkada untuk menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN) di masing-masing daerah, Bahkan secara aturan yang berlaku, sanksinya pun sangat tegas yakni pembatalan sebagai calon oleh KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota setempat. Hal ini diatur dalam Pasal 71 ayat 5 UU Pilkada.

20201001 233402 0000 removebg preview

“Kami Baru Mengetahui Terkait adanya Paslon Petahana yang melakukan mutasi jabatan & Pergantian Rangkap Jabatan, 6 Bulan Sebelum Tanggal Penetapan Pasangan Calon, untuk itu pihak kami akan meneliti terkait bentuk pelanggaran, dan menindaklanjuti atau pihak Bawaslu Musi Rawas akan memberikan sikap jika terbukti”.

Karena itu ancamannya bisa sanksi administratif dan bisa diskualifikasi, jika aturan tersebut dapat di kecualikan bila mendapatkan persetujuan tertulis dari menteri terkait, Yang Melakukan Larangan di undang-undang (UU) nomor 10 tahun 2016 yang mengatur pelaksanaan pilkada pada pasal 71 ayat (2).

Oktureni mengakui sempat kesulitan menerapkan aturan larangan mutasi yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada karena jadwal penyelenggaraan Pilkada yang sempat tertunda akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Dalam Pasal 71 ayat 2 menyebutkan, Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Wali Kota atau Wakil Wali Kota dilarang melakukan penggantian pejabat enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri.(**)

20201002 005430 0000 removebg preview

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply