Pasi Ops Kodim 0421/Ls Laksanakan Vicon Bahas SOP AP Diwilayah Kodam II/Swj

Reporter: Hasanuddin Kategori: Informasi TNI, Lampung
  • Bagikan
Pasi Ops Kodim 0421/Ls Laksanakan Vicon Bahas SOP AP Diwilayah Kodam II/Swj

LIPUTAN4.com, LAMPUNG SELATAN, – Di laksanakan vicon di ruang vicon Kartika Kodim 0421/LS , untuk membahas sosialisasi penyusunan dokumen SOP AP di wilayah Kodam II/Swj. Kamis (22/07/21)

Hadir dalam kegiatan Vicon
-Pabandya-2/Mindata Ops Spaban II/Minops Sopsad.
-kapten Inf Tarekat (Pasiops)
-Serda Amarullah

Adapun Hasil Paparan SOP AP
-Dasar Reformasi Birokrasi Di Lingkungan TNI AD :
1. Perpres No.72 tahun 2010 tentang tunjangan kinerja pegawai di lingkungan TNI. Dengan di laksanakannya reformasi birokrasi maka pegawai di lingkungan TNI perlu di berikan tunjangan kinerja.

2. Perpers No.82 tahun 2015 tentang tunjangan kinerja pegawai di lingkungan TNI wajib melaksanakan agenda reformasi birokrasi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan .

3. Setiap ada perpres tentang tunjangan kinerja selalu ada penekanan tentang kewajiban melaksanakan agenda reformasi birokrasi.

– Pelaksanakan Reformasi Birokrasi
Sesuai dengan perpres No.87 tahun 2015 tentang tunjangan kinerja pegawai di lingkungan TNI pasal 9 yang berkewajiban melaksanakan agenda reformasi birokrasi adalah setiap pegawai . Namun di kordinir oleh Tim pelaksana Reformasi birokrasi .

• 8 Area perubahan dan 9 program
1.Manajemen perubahan : birokrasi dengan intergritas dan kinerja .
2.Penguatan organisasi : organisasi yang tepat fungsi dan tepat ukuran .
3.Penataan tatalaksana : sistem , proses dan prosedur kerja yang jelas , efektif , efisien , terukur serta sesuai dengan prinsip prinsip good governance.
4.Peraturan perundangan : regulasi yang lebih tertib , tidak tumpang tindih dan kondusif.
5.Sumberdaya manusia aparatur : SDM apartur yang berintergritas , netral, kompeten , capable , profesional , berkinerja tinggi dan sejahtera.
6.Penguatan Pengawasan : meningkatnya penyelenggaranaan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN.
7.Akuntabilitas kinerja : meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.
8.Pelayanan publik : Pelayanan prima sesuai kebeutuhan dan harapan masyarakat.

-9 program dalam Grand Design dan Road Map RB
1.Manajemen Perubahan.
2.penataan dan Penguatan Organisasi.
3.Penataan Tatalaksana.
4.Penataan dan Perundang – undangan.
5.Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur.
6.Penguatan pengawasan.
7.Penguatan Akuntabilitas Kinerja.
8.Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.
9.Monitoring dan Evaluasi.

-Adapun Penjelasan SOP AP di lingkungan Staf umum Operasi TNI AD.
• Pembuatan SOP AP bertujuan menyamatkan perbedaan pemahaman dan variasi format dokumen SOP AP yang di hasilkan , sehingga memudahkan dalam mengidentifikasi , menyusun , mendokumentasikan , mengembangkan , memonitor serta mengevaluasi SOP AP sesuai dengan tugas dan fungsi .
• Disamping merupakan kebutuhan organisasi tugas dan fungsi sehari -hari satuan di lingkungan TNI AD.
• Spaban I/Ren . pembuatan SOP AP di lingkungan Spaban I/Ren Sopsad merupakan kumpulan proses kegiatan perencanaan bidang operasi TNI AD yang mencakup kegiatan yang di mulai dengan penanganan surat masuk AD hingga prosedur kerja yang besar seperti penyusunan laporan Evaluasi pelaksanaan progja dan anggaran bidang operasi TNI AD .
• Paban Adalah seorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Kolonel, merupakan pembantu Asops Kasad yang bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan sesuai bidangnya masing-masing.
• Pabandya Adalah seseorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Letnan Kolonel, merupakan Perwira Pembantu Madya yang bertanggung jawab menyelenggarakan dan mendukung kegiatan sesuai bidangnya masing-masing kepada Paban.
• Pabanda Adalah seorang Perwira Angkatan Darat berpangkat Mayor/Kapten, merupakan Perwira Pembantu Muda yang bertanggung jawab mendukung dan menyiapkan kegiatan sesuai bidangnya masing-masing kepada Pabandya.
• Rakernis Adalah forum rapat koordinasi antar pejabat yang membidangi suatu bidang yang sama guna melaksanakan program kerja.

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan