Pasar Milik Pemkab Lamsel di Desa Palas Jaya Kondisinya Memprihatinkan Pedagang Tak mau Menempati

Pasar Milik Pemkab Lamsel Di Desa Palas Jaya Kondisinya Memprihatinkan Pedagang Tak Mau Menempati

Liputan4 com. Palas, Lampung Selatan

Pasar milik pemerintah Kabupaten Lampung selatan, kondisinya saat ini tak terurus, terlihat banyak bangunan los pasar yang rusak tanpa ada perbaikan.


Pasar yang terletak di Desa Palas jaya Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan, juga di kenal masyarakat pasar JUM’AT, seperti tak terurus lagi. Kenapa tidak, banyak los pasar yang rusak hanya di biarkan tanpa ada perbaikan.

Hal ini membuat para pedagang tidak mau menempati los pasar mereka memilih membut tenda untuk berdagang di luar los pasar. Karna tidak merasa nyaman dan takut bila berdagang di lost pasar dengan kondisinya seperti itu tiba-tiba kejatuhan matrial.

Kondisi Los Pasar Milik Pemkab Lampung Selatan Di Desa Panas Jaya

Seperti yang di lakukan Iwan salah satu pedagang sembako, memilih berdagang di luar los dan membuat tenda untuk tenggelar dagangannya, karna mau menempati los, tak layak kondisinya.

” Takut mas menempati lost pasar, kalau tiba-tiba ada material yang jatuh bukannya untung kita malah rugi dagangan saya ketimpah material jatuh”
Ucapnya saat di temuin di pasar, Jum’at ( 24/09/2021).

Lanjut Iwan, berharap ada berbaikan los pasar, supaya para pedagang nyaman untuk menempatinya dan juga tidak merasa was-was saat mengelar barang dagangannya.

Di tempat terpisah Kepala Desa Palas Jaya Sugiyarto, terkait kondisi Pasar Pemkab yang berada di desa palas jaya, tidak bisa berkomentar banyak sebab pengelolaan pasar tidak melibatkan pemdes. Dia hanya berharap kalau status pasar itu milik desa sudah saya perbaiki dengan dana desa( DD).

” Ya mas, kami tidak tau pengelolaan pasar itu bagaimana, sebab desa tidak di libatkan untuk pengelolaan, kalau itu pasar milik desa udah saya bangun mas dan juga desa punya PAD” Kata Kades

Lebih lanjut kata kades, kemarin kami sudah menghadap pemerintah Kabupaten terkait pasar Pemkab yang di desa palas jaya tapi belum menemukan titik temu yang positif sampai sekarang.

Sedangkan Erwanto selaku KUPT Pasar di wilayah kecamatan palas mengatakan kalau perbaikan sudah di usulkan di dinas pasar pemkab lamsel.
“Ya mas, sudah kami usulkan tapi belum terealisasi, dan juga pengeloaan masih koperasi” Katanya, melalui sambungan telepon selulernya

Lanjut kata Kupt, bahwa masalah pasar pemkab yang ada di palas jaya kemarin kami bersama kepala desa sudah menghadap ke dinas pasar bersama kadis UMKM, untuk pengelolaan mudah-mudahan desa yang mengelolanya, tapi ini masih tahab perencnaan masih perlu pembahasan lagi bagaimana nanti sistim pengelolaanya.