Pangkoarmada II Hadiri Peresmian Monumen KRl Majtan Tutul-602 di Kesatrian AAL

  • Bagikan
Pangkoarmada II Hadiri Peresmian Monumen KRl Majtan Tutul-602 di Kesatrian AAL

Liputan4.com || Surabaya – Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Ria Sudihartawan menghadiri Peresmian Monumen KRl Majtan Tutul-602 oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bertempat di Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya. Rabu (17/03).

Kasal yang hadir didampingi Ketua Umum Jalasenastri yang juga Ibu Taruna Akademi Angkatan Laut, Ny. Vero Yudo Margono serta para Pejabat Utama Mabesal disambut oleh Gubernur AAL Laksda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) didampingi Ibu Asuh Taruna AAL, Ny. dr. Nita Tunggul Suropati dan para pejabat Utama AAL lainnya.

Pembangunan Monumen KRl Matjan Tutul-602 merupakan bentuk penghargaan sekaligus peringatan atas ketangguhannya saat menghadapi pertempuran heroik dengan kapal perang Belanda di laut Aru pada 15 Januari 1962 dalam Operasi Trikora, pembebasan Irian Barat. Dimana Komodor Yos Sudarso beserta awak kapal Rl Matjan Tutul gugur dan sejak saat itu peristiwa disebut diperingati sebagai Hari Dharma Samudera oleh TNI AL.

Dalam sambutannya, Kasal berharap, keberadaan monumen kapal yang memiliki panjang 21 M dan lebar 3,5 M ini, menjadi inspirasi para Taruna yang tengah dididik dan dilatih di AAL agar lebih menyadari, bahwa keberadaannya di AAL ini dalam rangka disiapkan sebagai calon-calon pemimpin TNI/TNI AL masa depan yang tentunya tantangannya lebih berat lagi.

“ Dengan adanya Monumen kapal ini diharapkan dapat meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme Taruna AAL, menjadi motivasi dan pendorong semangat meneladani kepemimpinan Komodor Yos Sudarso sebagai bekal menjadi perwira TNI AL yang profesional dan berkarakter guna mewujudkan TNI AL yang profesional, modern dan Tangguh ditengah masifnya serbuan informasi globalisasi saat ini, “ pungkas Kasal.

Disela kegiatan, Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Ria Sudihartawan menyempatkan untuk menyapa para Taruna/ Taruni yang ikut hadir dalam peresmian tersebut sebagai tanda perhatian Bapak kepada anak-anaknya karena para Taruna/Taruni AAL juga bagian dari Koarmada II terutama dalam Latek Kartika Jala Krida yang dilaksanakan tiap tahun dengan menggunakan KRI Bima Suci jajaran Koarmada II.

(Pen2).

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan
Pemerintah Kabupaten Lombok Timur