Paman Birin Berbagi Warga Terdampak Banjir

blank

Liputan4.com, Martapura-Intensitas hujan sedang tinggi di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Akibatnya pada sebagian wilayah mengalami banjir, daerah terparah berada di bantaran Sungai Martapura dan melanda permukiman warga sekitar.

Parahnya banjir membuat Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor meminta instansi terkait turun tangan.

“Diminta semua pihak memantapkan koordinasi terkait penanganan dan percepatan bantuan terdampak banjir,” ujar Paman Birin, sapaan akrabnya Gubernur Kalsel Minggu (22/1/2021)

Paman Birin terjun langsung ke lokasi bencana untuk memberikan bantuan langsung berupa logistik kebutuhan pokok kepada masyarakat  yang terdampak banjir.

Kegiatan penyaluran bantuan dipimpin langsung oleh Paman Birin didampingi oleh para relawan yang ikut terjun ke lokasi.

Paman Birin menyampaikan, “Hari ini saya bersama jajaran dan relawan Kalsel, Minggu Subuh (24/1/2021) membagikan bantuan berupa sembako untuk korban banjir yang ada di berbagai titik, di antaranya teluk selong, sungai batang, dan rombongan lanjut ke sungai rangas Kabupaten Banjar, semoga apa yang kita lakukan bisa meringankan beban saudara kita yang tertimpa musibah,” ujarnya.

Bencana alam berupa banjir yang melanda daerah Kalimantan Selatan dalam beberapa hari ini merupakan bencana banjir terparah yang pernah tercatat, total sebanyak 10 Kabupaten/Kota yang terdampak diantaranya Kabupaten Tapin, Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Kota Banjarmasin, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tabalong, Kabupataen Hulu Sungai Selatan, dan Kabupaten Batola yang mengakibatkan kerugian dan korban jiwa.

blank
Paman Birin saat serahkan sembako kepada masyarakat Terdampak banjir (poto istimewa)

Hal ini yang menggerakkan rasa kemanusiaan untuk saling membantu para korban banjir Wilayah Kalimantan Selatan memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban.

Dalam kesempatan ini Paman Birin menyampaikan keprihatinannya terhadap bencana yang melanda Kalsel.

Lokasi bantuan kali ini menyasar masyarakat  Kabupaten Banjar masih terdapat beberapa tempat yang belum terjangkau dikarenakan akses jalan terendam banjir sepinggang orang dewasa bahkan lebih terutama desa Sungai Rangas  yang bersebelahan dengan sungai yang ikut meluap pasca hujan lebat yang mengguyur lokasi bencana.

Dilokasi ini Paman Birin beserta rombongan menyisir lokasi banjir dan membagikan secara langsung bantuan untuk masyarakat yang masih terjebak dan tinggal di rumah masing-masing.

“Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian jajaran Pemerintah Pusat maupun swasta di luar Kalimantan Selatan yang telah turut memberikan donasi untuk disampaikan kepada korban Banjir di Kalsel, di antaranya dari Presiden RI Ir.Joko Widodo, KSAD dan lainnya yang tidak dapat disebutkan satu-persatu, ” pungkasnya.

Hal ini sebagai bukti bahwa baik itu pemerintah pusat maupun daerah hadir di tengah masyarakat, terutama yang sangat memerlukan uluran tangan melalui komitmen Paman Birin Peduli Berbagi.

Penulis/Editor : NandoL4

Print Friendly and PDF
share 0 Komentar

Yakin Ngga mau Komen?