PEMERINTAH PULAU TALIABU

Musrembangcam di Merbau Mataram Infrastruktur dan Kantor Kecamatan Menjadi Usulan Camat

Liputan4 com. Merbau Mataram, Lampung Selatan.

Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2024 terus bergulir.


Agenda rutin tahunan itu berlanjut ke Kecamatan Merbau Mataram. Kegiatan yang terpusat di Lapangan Desa Panca Tunggal, Kecamatan Merbau Mataram, dibuka langsung Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, pada Rabu (8/2/2023).

Diawal acara, Camat Merbau Mataram Heri Purnomo melaporkan, serapan realisasi pembangunan tahun 2022 Kecamatan Merbau Mataram mencapai 84%.

Heri Purnomo mengungkapkan untuk capaian realisasi pembangunan tahun 2022 pada sektor infrastruktur jalan telah dibangun Jalan Poros Simpang Serdang sampai dengan Talang Jawa batas Lampung Timur dengan menelan biaya kurang lebih 43 miliar rupiah.

“Sekali lagi terima kasih kepada bapak bupati. Selain itu, kami juga mengusulkan program prioritas pembangunan tahun 2024 agar dibangun jalan di sejumlah desa. Dan mohon untuk dibangun kantor Kecamatan Merbau Mataram,” pintanya.

Heri Purnomo menuturkan, bangunan kantor Kecamatan Merbau Mataram merupakan bagunan lama sejak pemekaran dari Kecamatan Katibung puluhan tahun silam. Yang secara fisik bagunannya sudah lapuk dimakan usia sehingga perlu dibangun kembali.

KAPOLRES PULAU TALIABU

“Kantor ini merupakan bagunan lama sejak pemekaran dari Kecamatan Katibung kurang lebih dari tahun 90-an. Kusen sudah pada keropos. Maka mohon tahun ini bisa untuk dibangun kantor kecamatan Merbau Mataram pak bupati,” kata Heri Purnomo.

Camat Merbau Mataram Heri Purnomo saat memaparkan program pembangunan dalam Musrenbang RKPD Tahun 2024. | Foto : Diskominfo Lamsel
Menanggapi hal itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menegaskan usulan pembagunan jalan tahun 2024 di Kecamatan Merbau Mataram akan langsung direalisasikan pada 2023.

Serta usulan pembangunan kantor Kecamatan Merbau Mataram pun juga akan di realisasikan pada 2023. “Ini semua yang penting tidak ada dusta diantara kita. Dijaga dan dirawat baik-baik setiap fasilitas yang dibangun,” ucap Nanang diiringi tepuk tangan warga.

Nanang menambahkan, melalui Musrenbang tahun ini semua usulan akan masuk pertimbangan, apalagi yang sifatnya mendesak untuk keperluan masyarakat.

“Tadi pak camat mengusulkan pembangunan jalan hotmix jalan lingkar Balai Desa Batu Agung sepanjang 2 kilometer. Maka akan kita realisasikan tahun 2023 ini,” ucap Nanang.

Tak hanya itu, Bupati Nanang juga mengimbau kepada kepala desa setempat untuk terjun langsung ke lapangan. Tujuannya agar pimpinan tingkat deasa/kelurahan bisa tahu dengan detail daerah yang membutuhkan pembangunan.

“Jadi pemimpin itu harus turun langsung ke lapangan, sebagai upaya menyerap aspirasi masyarakat,” tnadas Nanang (*)