Munawwir Penerima Bantuan Modal, Produksi 15 Ton Pupuk Kompos

  • Bagikan

LIPUTAN4.COM, BANTAENG – Munawwir, warga Dusun Balla Borong, Desa Bajiminasa, Kecamatan Gantarangkeke, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Mendapat bantuan modal usaha tahun anggaran 2020 dari Pemerintah Kabupaten Bantaeng (Pemda), Sabtu, 13 Maret 2021.

Ia menggeluti usaha sektor pertanian pengolahan pupuk kompos. Sejauh ini, usaha dia terbilang berkembang dan mampu mengolah sebanyak 15 Ton sebulan lalu.

Pemuda itu mengatakan, bantuan modal pergunakan untuk belanja alat dalam pembuatan pupuk kompos diantaranya mesin pencacah multifungsi, alat ukur PH tanah, TSD Nutrisi, airator micro nano buble, alat ukur oksigen, dan alat penunjang lainnya.

“Mengolah pupuk kompos bersama pemuda yang bergabung dalam sanggar Santri Kreatif dan telah memproduksi 15 Ton pupuk kompos,” katanya.

saat ini, masih kata dia, pupuk yang telah terjual kurang lebih 10 Ton. produk yang dihasilkan jauh lebih baik dibanding pupuk kompos yang ada diluar karena kadar nutrisi yang ada dalam pupuk tersebut ia sesuaikan kesetiap tanaman.

Ia juga melakukan pengajuan pendaftaran pada Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BPTP) Sulsel dan saat ini sedang tahap pengujian.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Bajiminasa saat mengunjungi Rumah Nutrisi sangat mensupport usaha yang dikembangkan Munawir.

“Insyaallah kita bantu kembangkan, nanti kita adakan sosialisasi ke kelompok tani supaya petani berminat menggunakan pupuk kompos ini, juga dapat menjadi alternatif petani yang kuota pupuk subsidinya terbatas,” katanya, Rabu, 10 Maret 2020.

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan
HARITA NICKEL