Momentum HANI, Dispersip Palnam Anjangsana ke BNNP Kalsel dan Ditresnarkoba Polda Kalsel

  • Bagikan
Momentum HANI, Dispersip Palnam Anjangsana ke BNNP Kalsel dan Ditresnarkoba Polda Kalsel

Liputan4.com, Banjarmasin-Momentum sambut Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi kalimantan Selatan bekerjasama dengan BNNP Kalsel dan Ditresnarkoba Polda Kalsel siap menyelenggarakan Webinar Anti Narkotika Internasional 2021 Hal ini untuk membantu menekan penyebaran narkoba.

BNN Provinsi Kalimatan Selatan menerima kunjungan dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimatan dan Tim dengan disambut langsung oleh Kepala BNN Provinsi Kalimatan Selatan Brigjen Pol Drs. Jackson Lapalonga, M.Si, Senin, (7/6) pagi

Kedatangan rombongan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimatan bersilaturahmi kepada Kepala BNNP Kalsel dan Ditresnarkoba Polda Kalsel, Senin (7/6) pagi, didampingi Sekretaris Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimatan M Ramadhan SE ME AK CA dan Erma Kasi Pelayanan dan kerjasama perpustakaan Ermawati A.Md

Adapun maksud silaturahmi ini berkenaan dengan rencana webinar ke 28 dalam rangka memperingati hari Anti Narkotika Internasional tahun 2021

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimatan Hj Dra Nurliani Dardie M.AP,  webinar ini sebagai bentuk dedikasi dan kontribusi pihaknya kepada bangsa. Terutama mengisi hari Anti Narkotika Internasional 2021 yang sebentar lagi dirayakan seluruh dunia.

“Kami berharap webinar ini bisa memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat luas, terutama mengenai bahaya narkoba” kata Bunda Nunung sapaan akrabnya, Senin (7/6) pagi.

Dia menyayangkan, di tengah pandemi Covid-19, tingkat konsumsi narkotika, psikotropika, dan obat terlarang justru meningkat. Terlebih, informasi yang didapatnya pengguna narkoba masih berusia muda dan termasuk kelompok usia produktif.

“Timbul spekulasi kondisi ini karena banyaknya orang stres akibat kegiatan bisnis yang tidak aktif,” ujarnya.

Padahal, sambung Bunda Nunung banyak cara untuk memaknai Hari Anti Narkotika ini, Antara lain mendorong terciptanya sumber daya manusia berkualitas dan generasi muda yang unggul.

Di kesempatan sama, Kepala BNNP Kalsel Brigjen Pol Drs. Jackson Lapalonga, M.Si mengaku penyalahgunaan narkotika menjadi permasalahan serius. Terutama yang melibatkan generasi milenial. Untuk itu, guna mewujudkan SDM unggul dan tangguh membutuhkan perhatian khusus sedini mungkin.

Kegagalan dalam mendidik generasi muda sama halnya dengan kegagalan membangun bangsa. Gagasan utama menjadikan generasi milenial sebagai generasi unggul, adalah membangun etos kerja produktif, terampil, kreatif, disiplin, dan profesional. “Caranya membebaskan mereka dari narkotika” kata Jendral Bintang Satu ini.

“saya memberikan apresiasi kepada ibu dan para jajaran dari Dinas perpustakaan dan kearsipan provinsi kalimantan selatan, saya awalnya kaget dan bangga bahwa permasalahan Narkoba ini juga menjadi konsep dari pada kegiatan dinas yang dipimpin oleh Ibu ini, karena memang pengalaman saya dari tahun 2012 sudah di BNN, beberapa BNNP dan 4 kali menjadi Kepala BNNP di beberapa wilayah, ini fakta yang saya sampaikan, respon dari dinas-dinas yang sangat kurang terhadap pencegahan pemberantasan penyebaran peredaran narkoba, sehingga kita selalu mengajak untuk bersinergi bersama karena ini adalah permasalahan bangsa dari generasi ke generasi , dan saya mengapresiasi bahwa pejabat seperti ibu mau peduli tentang narkoba ini” tegas Brigjen Pol Drs. Jackson Lapalonga, M.Si.

Hal senada juga diungkapkan Kombes Pol Tri Wahyudi, S.I.K.,M.H, Dirnarkoba Polda Kalsel, ia menegaskan, orang tua perlu mendampingi perkembangan anak untuk menyatakan sikap anti penyalahgunaan barang-barang haram tersebut. “Untuk pembinaan ketahanan keluarga, orang tua dilatih untuk merubah perilaku anak menjadi lebih baik,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimatan M Ramadhan SE ME AK CA, membeberkan, masalah narkotika adalah masalah bangsa. Menjadi tanggung jawab semua pihak untuk mencegah penyalahgunaanya. “Semua elemen harus terlibat memberantas penyakit yang bisa merusak masa depan anak-anak bangsa,” paparnya.

Bunda Nunung, menekankan pentingnya memiliki benteng pertahanan bagi anak bangsa. Benteng hidup yang dibangun dan dibina secara berkesinambungan, dengan semangat persahabatan sepanjang hayat.

Dalam paparannya, Bunda Nunung mengajak pemuda agar memiliki komitmen dan kemandirian konstruktif. Ada berbagai elemen dimana generasi muda diajak memiliki dan membangun jiwa kewirausahaan baik di lingkungan kampus, rural area dan kelompok khusus.

ini mengharapkan penguatan mulai komunitas terkecil yaitu keluarga, menggarisbawahi sikap permisif dari orang tua terhadap perilaku anak-anak, meskipun sesungguhnya orang tua sadar bahwa pola asuh anak-anak berawal dari lingkungan keluarga di mana orang tua memegang peran paling penting.

Bunda Nunung siap membantu kinerja BNNP Kalsel dalam mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika di Provinsi Kalimatan Selatan.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pimpinan BNNP Kalsel Drs. Jackson Lapalonga, M.Si dan Kombes pol Tri wahyudi, S.I.K.,M.H, Dir.Narkoba Polda Kalsel, yang telah menyambut hangat dalam pelaksanaan diskusi ini.

“Kami juga berharap dalam situasi ini kita harus terus bergerak proaktif dan siap mendukung kinerja BNNP Kalsel dan Ditresnarkoba Kalsel dalam memerangi dan memutus mata rantai peredaran gelap narkoba di Provinsi Kalimatan Selatan ini,” katanya.

Sekretaris Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimatan M Ramadhan SE ME AK CA, “menambahkan kita siap mendukung pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Provinsi Kalimatan Selatan agar dapat di atasi,” pungkasnya.

Momentum HANI, Dispersip Palnam Anjangsana ke BNNP Kalsel dan Ditresnarkoba Polda Kalsel
Dir.Narkoba Polda Kalsel Kombes pol Tri wahyudi, S.I.K.,M.H, saat menerima Kunjungan rombongan Dispersip Kalsel (poto istimewa)

Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan