Misteri Wanita yang Menangis Hingga Menempelkan Wajah di Makam Ani Yudhoyono, Datang dengan 2 Lelaki

Ada pemandangan unik seusai pemakaman Ani Yudhoyono yang terekam oleh wartawan Tribun Jakarta, Senin (3/6/2019) siang. Kala itu ada seorang wanita yang meneteskan air mata sambil memegang gundukan tanah makam.

Dari pantauan TribunJakarta.com ( di lokasi, wanita itu sesekali meraba bunga-bunga di atas makam istri dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

Wanita yang mengenakan baju oranye dan celana hitam ini bahkan sempat menempelkan wajahnya di gundukan tanah makam istri dari Presiden ke-6 RI tersebut.

Sesekali, dia menatap dan memegang batu nisan almarhum Ani Yudhoyono.

Sayup-sayup terdengar suara wanita tersebut saat mendekatkan wajahnya dengan batu nisan.

“Yang tenang,” kata wanita itu, sambil mengusap batu nisan kuburan Ani Yudhoyono.

Misteri Wanita Yang Menangis Hingga Menempelkan Wajah Di Makam Ani Yudhoyono, Datang Dengan 2 Lelaki

Seorang wanita meneteskan air mata pada makam Ani Yudhoyono, di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (3/6/2019) (TribunJakarta/Muhammad Rizki Hidayat)

Wanita itu datang bersama dua pria. Satu pria mengenakan kacamata dan satunya lagi berjenggot.

Saat TribunJakarta.com berusaha untuk meminta wanita tersebut untuk bicara, pria yang mengenakan kacamata mencegah.

“Sudah ya, kita tidak ada ikatan sama almarhum. Cuma datang saja, sudah ya,” kata pria berkacamata tersebut.

Padahal, wanita itu sudah membuka mulutnya seakan ingin berkata.

Wanita dan dua pria tersebut pergi dari TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Untuk diketahui, Mantan Ibu negara Ani Yudhyono diketahui meninggal pada Sabtu (1/6/2019) pukul 11.50 waktu Singapura setelah menjalani serangkaian perawatan karena kanker darah.

Pada Sabtu (1/6/2019) malam, jenazah Ani Yudhyono langsung diterbangkan ke Indonesia dan dimakamkan hari ini Minggu (2/6/2019).

Jenazah Ani Yudhoyono langsung dibawa ke kediaman SBY di Bogor begitu tiba di Indonesia Sabtu (1/6/2019) malam.

Jenazah mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono kemudian disemayamkan di Pendopo Cikeas, Bogor Jawa Barat Minggu (2/6/2019) pagi yang tak jauh dari kediaman keluarga SBY.

Seluruh anggota keluarga, termasuk Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti yudhoyono (AHY), Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, Alya Rajasa dan Annisa Pohan mengiri jenazah Ani Yudhoyono saat dipindahkan dari rumah induk menuju pendopo Cikeas.

Misteri Wanita Yang Menangis Hingga Menempelkan Wajah Di Makam Ani Yudhoyono, Datang Dengan 2 Lelaki

Sebelum disalatkan dan dibawa ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, untuk dimakamkan, SBY sempat memberikan sambutan untuk mewakili keluarga.

Sambil menahan tangisnya, SBY mengungkapkan wasiat sederhana dari istri tercinta, Ani Yudhoyono, jika bisa sembuh dari sakit kanker darah yang menyerang tubuhnya kala itu.

SBY mengungkapkan jika sang istri, Ani Yudhoyono, sembuh dari penyakitnya ingin dapat mengantar cucu-cucunya sekolah.

Tak hanya itu, dalam wasiat sederhana ANi Yudhoyono yang disampaikan SBY, ia juga berkeinginan untuk bisa berkebun dan melanjutkan hobinya dalam bidang fotografi.

Diketahui, istri Presiden Indonesia ke-6 itu memang menyukai dunia fotografi.

Bahkan, Ani Yudhoyono sering membagikan giveaway kamera melalui media sosial miliknya untuk menyalurkan kesukaannya pada fotografi.

Wasiat sederhana terakhir yang diinginkan Ani Yudhoyono adalah dapat mengunjungi seluruh saudara-saudara di Indonesia.

“Kalau sembuh bu Ani mau anter cucu sekolah, mau berkebun, fotografi lagi dan tengok saudara di Indonesia,” kata SBY seperti dikutip dari Kompas TV di Pendopo Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Minggu (2/6/2019).

Sebelumnya, ketika jenazah masih berada di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura, SBY juga sudah mengungkapkan beberapa cita-cita Ani Yudhoyono yang belum sempat terwujud.

Baik SBY dan keluarganya bersedia untuk mewujudkan keinginan Almarhum yang belum sempat tercapai.

“Kami, keluarga, mau wujudkan cita-cita bu Ani yang sederhana,” kata SBY sambil menahan haru.
Misteri Wanita Yang Menangis Hingga Menempelkan Wajah Di Makam Ani Yudhoyono, Datang Dengan 2 Lelaki
Wali Kota Risma punya kenangan tersendiri, atas sosok istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Suatu ketika, Ani Yudhoyono beserta Presiden ke 6 RI pernah berkunjung ke Surabaya. Ibu Ani lanjut Wali Kota Risma banyak memuji keindahan taman-taman yang ada di Surabaya. Sehingga selalu betah saat berkunjung ke Surabaya.

“Kalau kunjungan kenegaraan ke Surabaya, beliau mesti menyampaikan ke saya ‘bu tamanmu tambah lebih baik’. Jadi selalu beliau menyampaikan begitu ke saya setiap ketemu dengan saya,” cerita Wali Kota Risma, Sabtu (1/6/2019).

Menurut Wali Kota Risma, Ibu Ani sosok yang suka mengabadikan momen. Saat berkunjung ke Surabaya, mendiang selalu mengabadikan keindahan taman-taman yang ada di Surabaya denagn kamera miliknya.

“Ibu Ani ini sangat suka sekali berada di Surabaya, karena beliau hobi fotografi dan sangat suka memotret taman-taman di Surabaya,” kata Risma..

Wali Kota Risma juga menyebut sosok Ibu Ani sebagai seorang motivator buatnya. Tahun 2011 lalu, ketika Wali Kota Risma memiliki masalah saat awal menjabat, Ibu Ani justru memberi dukungan dan semangat agar tidak menyerah.

Risma mengaku mendapat telepon langsung dari ibu Agus Trimurti Yudhoyono dan Edhi Baskoro Yudhoyono tersebut. Ibu Ani lanjut Risma memberikan semangat agar sabar dan tidak menyerah.

“Beliau telepon saya dengan manggil mbak, ‘mbak harus kuat’. Beliau memberikan kekuatan kepada saya secara pribadi dan saya yakin ibu wafat dalam keadaan khusnul khotimah,” kata Risma.

Risma turut berdoa agar keluarga Ibu Ani selalu diberi kekuatan lahir dan batin. Seperti yang diberitakan sebelumnya Ani Yudhoyono dikabarkan wafat di rumah sakit National University Hospital (NUH), Singapura, pada Sabtu (1/6/2019) pukul 11.00 waktu Singapura.