Papua  

Menyonsong Adaptasi Hidup Baru Menuju New Normal

Bupati Mimika Eltinus Omaleng, bersama Wakil bupati Mimika Johanes Rettob, Serta Ketua DPRD,  Roby Kamaniel Omaleng melakukan penandatanganan Kesepakatan Pemberlakuan kedaruratan,menuju New Normal, siang tadi di hotel Green mozza.  kamis (18/6/2020)

foto : (istimewa)

 


Menyonsong Adaptasi Hidup Baru Menuju New Normal selama 14 hari kedepan terhitung sejak tanggal 9 Juni hingga 2 Juli 2020 mendatang selama pandemi Covid-19 di kabupaten Mimika,

Aktifitas warga sejak pukul 06.00 Wit hingga pukul 19.00 WIT (7 malam) masih tetap berlaku.

Penetapan perpanjangan Status  Tanggap Darurat Adaptasi Menuju New Normal Covid-19 menuju New Normal  dilakukan setelah pemerintah kabupaten Mimika dalam hal ini Bupati Eltinus Omaleng Se,. MH. dan bersama sejumlah pimpinan Forkompinda Mimika, melakukan rapat evaluasi perkembangan Covid 19 di Timika yang berlangsung di Grand Mozza, Kamis (18/6) siang tadi.

Status Pra New Normal dan Adaptasi menuju pola Hidup baru, tidak ada perubahan di waktu aktifitas warga yang masih tetap membatasi hingga pukul 19.00 WIT, dan selebihnya pembatasan aktifitas masih tetap berlaku bagi warga yang tidak punya keperluan penting diatas jam 19.00 WIT.

“Hal yang yang berbeda di status adaptasi Hidup Baru menuju New Normal,  bagi warga yang hendak bepergian dari Timika dan ke Timika menggunakan pesawat udara yang sebelumnya diwajibkan menggunakan test PCR, kini hanya cukup dengan Rapid test saja warga sudah bisa masuk dan keluar Timika.

Dalam poin 2 Surat Bupati Mimika tentang kesepakatan bersama Nomor : 443.1/517 tentang pencegahan Pengendalian dan penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Adaptasi Hidup Baru di kabupaten Mimika menyebutkan, Status tanggap Darurat Adaptasi Hidup baru Covid-19 sebagaimana dimaksud poin A, bahwa Aktifitas masyarakat diluar rumah tidak diperbolehkan mulai pukul 06.00 sampai 19.00 WIT dengan mematuhi protookol kesehatan.

Pada poin B  juga disebutkan, aktifitas warga diluar rumah tidak diperbolehkan mulai pukul ( 19.01 WIT ) hingga pukul , 6 pagi, kecuali beberapa pegawai, petugas atau pekerja yang bekerja diwaktu jam jam pemberlakuan pembatasan. Termasuk  yang masih dilarang adalah tempat jual minuman keras masih harus tetap tutup.

Dalam poin lain juga disebutkan bahwa aktifitas belajar mengajar di sekolah dan perkuliahan masih dilaksanakan dari rumah, sementara kegiatan dan aktifiats peribadatan bisa berjalan namun dengan tetap mengikutu protokol kesehatan.

(​Makatita)