Menteri Desa Resmikan Desa Kendalbulur sebagai Desa Digital

  • Bagikan
Menteri Desa Resmikan Desa Kendalbulur sebagai Desa Digital

LIPUTAN 4.COM — Tulungagung

MenteriDesa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar didampingi Bupati Tulungagung Maryoto Birowo meresmikan Desa Kendalbulur sebagai Desa Digital, Kamis ( 29/10/2020). Menteri Abdul Halim Iskandar bersama Bupati Maryoto Bhirowo dan Kades Kendalbulur Anang Mustofa meninjau taman edukasi Nangkula Park di Desa Kendalbulur, Boyolangu Tulungagung.

Dalam acara seremoni peluncuran desa digital ditandai dengan peletakan batu pertama pengembangan taman wisata edukasi Nangkula Park yang sepenuhnya dikelola BUMDes Kendalbulur.

Sebelum memberikan paparan mengenai konsep desa digital, Mendes PDTT sempat menguji penggunaan tombol panik (panic button) yang berfungsi sebagai kentongan digital menggantikan peran kentongan konvensional untuk penyebaran informasi kedaruratan kepada masyarakat desa.

Menteri Abdul Halim mengatakan “Era digital, kentongan digital ini menyalakan alarm di semua ponsel warga yang mengunduh aplikasi yang sudah disediakan melalui layanan play store di telepon pintar,”

Menurut Menteri Desa, peluncuran desa digital di Desa Kendalbulur ini sekaligus menandai pelayanan desa yang berbasis teknologi dan jaringan, yang mudah dan cepat.

Dengan adanya sistem digital ini warga cukup melalui aplikasi, dalam kepengurusan surat yang diinginkan akan diurus pihak desa.

Abdul Halim mengatakan, aplikasi desa digital seperti ini harus direplikasi ke desa-desa lain.

Menteri Desa, memuji pengelolaan desa digital di Kendalbulur, juga mengapresiasi pemerintah desa yang telah memberdayakan
Dana Desa dengan membangun Taman Nangkula Park.
Taman wisata edukasi Nangkula Park mampu menyumbang pemasukan sebesar Rp 12 juta.

Kepala Desa Kendalbulur Anang Mustofa menyebut, saat ini sudah menggunakan aplikasi Simpel Desa dalam pelayanan kepada masyarakat. Dengan aplikasi itu, layanan permohonan pembuatan surat bagi warga Desa Kendalbulur bisa dilayani dengan cepat. Aplikasi itu sudah diujicobakan kepada dua RT di desanya dan berjalan lancar.

Kepala Desa Anang mengatakan ”Warga tinggal memilih jenis suratnya, hasilnya dicetak di kertas. Saya tinggal tanda tangan, setiap saat setiap waktu saya bisa tanda tangan apalagi aplikasi ini kan terhubung ke handphone kades, jadi saya bisa tahu,”
Acara peresmian Desa Kendalbulur sebagai Desa Digital tersebut juga dihadiri oleh warga sekitar. Karena acara masih dalam kondisi Pandemi Covid 19 maka acara dilaksanakan sesuai prosedur protokol kesehatan.

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

34
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

16
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

67
0
0

Kegiatan Soft Opening Wisata Pantai Muara Indah Suak

34
1
0