Menteri ATR/BPN Kunjungi Sumut, Bahas Kasus Tanah

Menteri Atr/Bpn Kunjungi Sumut, Bahas Kasus Tanah

Liputan4.Com MEDAN-Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto menggelar rapat tertutup di Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Sumatera Utara dalam kunjungannya, Selasa (12/7/2022).

Kehadirannya membahas kasus pertanahan yang menonjol di Sumatera Utara. Termasuk menginstruksikan jajarannya agar seluruh tanah bisa terdaftar melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).


Mantan Panglima TNI ini memantau kawasan lahan Polonia dan Simalingkar serta mengunjungi Kantor BPN Kota Medan di Jalan STM.

Hadi juga sempat berdialog dengan warga yang mengurus sertifikat tanah mereka ke kantor BPN Kota Medan. Kepada masyarakat, dirinya menyebutkan bahwa dengan mengurus langsung telah membantu pemerintah.

“Dengan mengurus langsung sertifikat tanah, maka masyarakat telah membantu pemerintah dalam pemberantasan pungli,” katanya.

Dirinya meminta agar masyarakat berani melaporkan tindakan pungli. Terutama pegawai yang masih mengutip biaya pengurusan sertifikat, akan langsung dipecat.

Selanjutnya, Menteri ATR/Kepala BPN berkunjung ke Kanwil BPN Sumatera Utara. Di tempat ini, ia menggelar rapat tertutup bersama Kakanwil dan 25 Kepala Kantor BPN se-Sumatera Utara.

Penekanan yang dilakukan Hadi kepada jajarannya adalah, terkait tiga tugas yang penting yang diamanahkan Presiden RI Joko Widodo. Diantaranya penyelesaian konflik tanah, seperti kawasan Polonia, Eka HGU PTPN II di Simalingkar serta program PTSL.

“Khusus PTSL,diinstruksikan agar pada akhir 2022 ini, Sumatera Utara harus sudah tuntas. Percepatan pendaftaran tanah ini penting untuk meminimalisir konflik tanah yang terjadi,” jelasnya.

Pengurusan lanjutnya, tanpa biaya guna percepatan PTSL, kerjasama lintas instansi pemerintah maupun swasta dan terutama masyarakat.

Sumber : Kitakini News.Com

Print Friendly, Pdf & Email