Mensos RI Tri Rismaharini Tinjau Korban Banjir Bandang Di Batang Lubu Sutam Kab. Palas

Mensos Ri Tri Rismaharini Tinjau Korban Banjir Bandang Di Batang Lubu Sutam Kab. Palas

 

Liputan4.com  Sumut
Palas-Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini tinjau lokasi banjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kabupaten Padanglawas (Palas) sekaligus menyerahkan bantuan untuk para korban bencana.


Bantuan tersebut sebesar Rp 762.115.403 juta dalam bentuk berupa logistik untuk para korban bencana banjir bandang diserahkan kepada Plt Bupati Padang lawas, drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, Senin malam (3/1/2022) di lokasi pasca banjir di Desa Tanjung Baru.

Saat peninjauan lokasi banjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam. Mensos Tri Rismaharini didampingi Plt Bupati Palas bersama Sekda Arpan Nasution SSos dan Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi sempat menyapa warga di lokasi penampungan pengungsian sembari menyerahkan bantuan selimut dan kasur.

Mensos Ri Tri Rismaharini Tinjau Korban Banjir Bandang Di Batang Lubu Sutam Kab. Palas

 

Kepada warga korban banjir, Mensos Tri Rismaharini berpesan untuk tetap berhati-hati dan siaga terus. Sebab, jika berkaca dari dampak bencana alam disejumlah daerah yang saat ini, kemungkinan cukup mengkhawatirkan.

Kata Mensos lagi, kondisi cuaca saat ini tidak bisa diprediksi, kenungkinan masih berlangsung mengingat intensitas curah hujan masih tinggi.

“Intensitas curah hujan, tiap tahun makin tinggi yang kita hadapi. Nah, karenanya itu ia mengajak pihak BPBD untuk melakukan upaya menyelamatkan warga yang bermukim di sepanjang bantaran sungai Sutam, jika hal ini tidak dilaksanakan kedepan semakin berat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, keberadaan sungai disepanjang wilayah ini bisa difungsikan untuk penampungan debit air jika curah hujan tinggi asal dijaga dengan baik, sehingga tidak melintas ke pemukiman warga, sebab kelancaran air tidak terganggu sehingga bisa mengatasi persoalan banjir di Kabupaten Palastl tutupnya.
(sbn)

Print Friendly, Pdf & Email