Mendagri Lantik Bupati dan Wakil Bupati Supiori, Serta Penjabat Bupati Boven Digoel

  • Bagikan
Mendagri Lantik Bupati dan Wakil Bupati Supiori, Serta Penjabat Bupati Boven Digoel

LIPUTAN4.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Yan Imbab dan Nichodemus Ronsumbre sebagai Bupati dan Wakil Bupati Supiori. Pada kesempatan itu, Mendagri melantik Yimin Weya sebagai Penjabat Bupati Boven Digoel.

Mendagri Lantik Bupati dan Wakil Bupati Supiori, Serta Penjabat Bupati Boven Digoel

Pelantikan ini diambil alih oleh Mendagri karena Gubernur Papua Lukas Enembe saat ini masih menjalani perawatan kesehatan. Sementara itu posisi Wakil Gubernur masih kosong karena Wakil Gubernur (Wagub) Papua sebelumnya Klemen Tinal meninggal dunia.

Meski begitu, Tito memastikan proses ini sah secara konstitusi.

“Jadi proses ini, proses konstitusional,” katanya dikutip dari pers rilis Puspen Kemendagri, Senin (31/5/2021).

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Supiori ini merupakan kelanjutan dari hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Pasangan Yan Imbab dan Nichodemus Ronsumbre terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Supiori.

“Pelantikan ini merupakan puncak dari pesta demokrasi tersebut,” ujar Tito.

Dia mengungkapkan rasa syukurnya karena pilkada 2020 di Kabupaten Supiori dinilai berjalan lancar. Dia berharap Bupati dan Wakil Bupati Supiori mendapat dukungan dari masyarakat, terutama dalam melaksanakan tugasnya sampai akhir masa jabatan.

Sementara itu, pelantikan Yimin Weya sebagai Penjabat Bupati Boven Digoel merupakan respons atas dinamika hasil Pilkada 2020 di daerah tersebut yang saat ini masih berlangsung. Yimin dipilih berdasarkan usulan dari Gubernur Papua dan disetujui Kemendagri setelah melalui kajian.

Tito meminta kepercayaan yang diberikan Pemerintah Provinsi Papua maupun Pemerintah Pusat kepada Yimin dapat dipegang secara baik, terutama dalam memastikan pelayanan publik dan pelayanan administrasi pemerintah agar tetap berjalan.

 

Pewarta : Hermansyah

Editor : Tamario Herman

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan
LIPUTAN4.COM Kami ingin menunjukkan kepada Anda pemberitahuan untuk berita dan pembaruan terbaru.
Dismiss
Allow Notifications