DIRGAHAYU BHAYANGKARA KET-76

Membangun Sinergitas Ulama dan Umara, MUI Kepulauan Meranti Menggelar Rakerda

Membangun Sinergitas Ulama Dan Umara, Mui Kepulauan Meranti Menggelar Rakerda

LIPUTAN4.COM ] MERANTI – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kepulauan Meranti menggelar Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) dengan tema “Membangun Sinergitas Ulama dan Umara Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat” yang dilaksanakan di Gedung hijau, Kantor Bupati Kepulauan Meranti pada sabtu (30/05/22).

Kegiatan rakerda ini bertujuan dalam rangka menyusun rencana program kegiatan MUI Kepulauan Meranti selama 5 tahun mendatang.


Acara ini dihadiri langsung oleh Asisten I, Drs. Irmansyah, M.Si, Kepala Kemenag Kepulauan Meranti yang diwakili Oleh H. Jasmail, S.Ag, Ketua Baznas Kepulauan Meranti Mardio Hasan, S.Pd.I, dan para tamu undangan.

Membangun Sinergitas Ulama Dan Umara, Mui Kepulauan Meranti Menggelar Rakerda

Ketua Umum MUI Kepulauan Meranti Dr. Imam Ghozali, M.Pd.I dalam sambutannya menjelaskan bahwa pentingnya sinergitas antara ulama dan umaro.

” Mengutip pendapat dari Kitab Ihya Ulumudin, hubungan ulama dan umaro seperti saudara kembar yang mempunyai tupoksi berbeda. Ulama membangun kekuatan spiritual masyarakat, sedangkan umaro yaitu membangun material yang bersifat operasional dalam rangka menciptakan kesejahteraan masyarakat. Hubungan tersebut tidak boleh dipisahkan sebagai wujud dari implementasi konstitusi yang terangkum dalam pembukaan UUD 1945″ tutupnya.

Menanggapi hal tersebut, Asisten I, Drs. Irmasyah, M.Si dalam sambutannya menyambut baik atas terlaksananya acara rakerda MUI Kabupaten Kepulauan Meranti.

” Atas nama pemerintah daerah, kami menyambut baik atas terselenggaranya Rakerda MUI Kepulauan Meranti dan pemda siap bersinergi dalam melaksanakan program-program pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti ” ujarnya.

Irmasyah juga menjelaskan bahwa ada beberapa program yang telah dibuat oleh Pemda seperti program maghrib mengaji. Namun ini belum berjalan dengan maksimal, maka perlu dukungan dari MUI agar program yang mulia ini bisa berjalan dengan baik, tutupnya.

Sementara dalam waktu yang sama, Syukron Darsyah, M.Pd.I selaku pimpinan sidang Rakerda MUI Kepulauan Meranti menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan suatu keharusan dalam rangka menyusun rencana program kegiatan MUI Kepulauan Meranti selama 5 tahun mendatang.

” Walaupun diadakan dalam keadaan serba terbatas, rakerda harus tetap dijalankan, agar kerja MUI Kepulauan Meranti ini mempunyai arah yang jelas dalam melaksanakan setiap kegiatan” ujarnya.

Rakerda MUI Kepulauan Meranti ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, mulai jam 08.00-12.13. Penutup acara rakerda ini dengan doa yang dipimpin oleh Kiyai Mungidan Al-Hafidz, M.Sy, yang merupakan anggota Komisi Fatwa MUI Kabupaten Kepulauan Meranti.

Print Friendly, Pdf & Email