x

Membanggakan Hasil Inovasi Poklansar Putri aji Limbah Ikan di Sulap Menjadi Cemilan Yang Enak

waktu baca 3 menit
Senin, 12 Des 2022 09:45 0 365 Redaksi

Liputan4 com. Palas, Lampung Selatan.

Membanggakan, para pelaku UMKM Desa Palas aji Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, menciptakan inovasi produk krupuk dari tulang ikan lele.

Dimulai dari kreatif, inovatif kelompok pengelola dan pemasaran ikan (Poklansar) Putri aji Sejahtra, desa palas aji, Perlahan tapi pasti merekapun bisa menghasilkan menciptakan salah satu camilan yang banyak digemari masyarakat saat ini.

UMKM putri aji, berdiri sejak tiga tahun yang lalu yang di ketuai oleh ibu Fitria, saat memberikan inovasi kepada desa palas aji dengan menciptakan produk Krupuk tulang putri aji, salah satu karya umkm putri aji, yang sangat bermanfaat.

Mereka manfaatkan limbah dari tulang ikan menjadi, menjadi makanan seperti kerupuk yang sangat enak rasanya. Sedangkan untuk bagian dagingnya mereka olah menjadi berbagai macam olah menjadi bahan makanan bakso dan empek-empek.

Dengan memperdayakan ibu- ibu pkk desa, mereka juga berhasil menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat. Saat ini hasil produk umkm putri aji, telah banyak beredar di warung-warung di wilayah kecamatan palas.

Hasil produk UMKM putri aji, menurut penuturan ibu Fitria, selain di wilayah Kabupaten Lampung Selatan,

“peredarannyapun telah sampai ke luar provinsi seperti, pulau jawa, medan, dan palembang. Dengan semangat ibu- ibu pkk desa palas aji, mereka optimis hasil produk mereka dapat bersaing di masyarakat, dengan harga yang terjangkau di tambah rasa yang enak dan gurih, banyak mengandung manfaat untuk kesehatan,” tutur dia saat di temui di sekretariat Putri aji Sejahtra, Minggu 11/12/2022.

Dengan mengkonsumsi krupuk tulang ikan hasil produksinya, menurut Fitria, memiliki banyak manfaat pada kesehatan karena mengandung banyak kalsium dan fosfor untuk tubuh. Bahkan saat ini dengan di galakkan dengan makan hasil produksi UMKM, bisa menurunkan lokus stunting di desa palas aji

Kepala Desa Palas aji Heri Susanto, tidak tinggal diam, sebagi produk hasil inovasi dan kereasi ibu- ibu UMKM desanya, pihak nya terus mendukung dan mengsurfort dengan memfasilitasi sehingga kelompok Poklansar putri aji mendapatkan bantuan dari pemkab lampung selatan.

“Alkhamdulah mas, UMKM putri aji, mendapatkan bantuan pembangunan rumah produksi, dan sejumplah alat produkai dari pemerintah kabupaten lampung selatan,” ucap dia

Dan juga, dengan pembinaan dari tingkat remaja, ibu-ibu posyandu dari pkk kerja keras mereka berhasil menurunkan lokus stunting dengan pemberian produk
umkm putri aji. Dan selalu juara dalam inovasi UMKM baik tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten menjadi pemenang produk yang inovatif dan kereatif.

Berita dengan judul: Membanggakan Hasil Inovasi Poklansar Putri aji Limbah Ikan di Sulap Menjadi Cemilan Yang Enak pertama kali tampil pada Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. Reporter : Sri Widodo

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x