Melalui GBBI, BI Dorong UMKM Kalsel Lebih Maju

Melalui Gbbi, Bi Dorong Umkm Kalsel Lebih Maju

Liputan4.com, Banjarmasin – Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) Juli 2022 yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) selaku Campaign Manager, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan GBBI Juli 2022 mengusung tema “Jelajahi Warna-Warni Kalimantan Selatan” dan diselenggarakan pada tanggal 22 s.d. 24 Juli 2022 berlokasi di Taman Siring 0 KM, Banjarmasin.

• GBBI adalah Gerakan Nasional yang bertujuan agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, utamanya produk atau jasa dari UMKM lokal demi mendorong penguatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan UMKM termasuk industri kecil dan menengah.


• Adapun Target yang akan dicapai dengan terselenggarakannya GBBI antara lain :

i. peningkatan jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah/Industri Kecil dan Menengah termasuk Pelaku Ekonomi Kreatif yang masuk dalam ekosistem digital;

ii. peningkatan jumlah penjualan atau transaksi pembelian produk lokal;

iii. peningkatan daya beli masyarakat, perluasan pasar, akses permodalan, pelatihan, pendataan, dan percepatan siklus ekonomi lokal melalui belanja produk lokal; dan

iv. stimulus ekonomi untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah/Industri Kecil dan Menengah termasuk Pelaku Ekonomi Kreatif Gernas BBI sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

B. Peran Bank Indonesia dalam Penyelenggaraan GBBI “Warna Warni Kalimantan Selatan”

• Demi mencapai target GBBI Kalsel Juli 2022, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan telah menyelenggarakan beberapa kegiatan pengembangan UMKM Unggulan Kalimantan Selatan a.l.

i. Kurasi UMKM Unggulan Kalimantan Selatan

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dekranasda Provinsi Kalimantan Selatan dan Dewan Kurator, yang terdiri dari Wignyo Rahadi (Fashion Designer), Helianti Hilman (Founder Javara), Putri Cita M. (Head of Global Halal Hub Goorita), Jeffry Adiyanto (Founder Tanivest), dan Indra Kesuma N. (Founder Kebun Technology) telah melakukan kurasi ke lebih dari 500 UMKM Unggulan Kalimantan Selatan dan telah menghasilkan 65 UMKM lolos kurasi untuk dilakukan pendampingan di tahun 2022, termasuk perluasan akses pasar ke Jepang melalui kegiatan Program Akselerasi UMKM Berorientasi Ekspor (PAMOR BORNEO) pada Bulan Agustus 2022 di Jepang.

ii. Onboarding UMKM Unggulan Kalimantan Selatan

Kegiatan onboarding UMKM telah diselenggarakan dalam beberapa rangkaian event a.l. Karya Kreatif Banua Februari 2022 bekerjasama dengan Shopee dan Tokopedia, Roleplay Onboarding UMKM, capacity building onboarding dengan ride-hailing applications seperti Grab dan Gojek, hingga coaching clinic onboarding UMKM mitra/binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan. Berbagai bentuk pendampingan ini dilakukan selaras dengan tujuan utama pengembangan skema program BBI 2022, yaitu tidak hanya pencapaian target jumlah onboarding namun juga peningkatan transaksi penjualan. Sebagai hasil, UMKM Anakkayu telah berhasil menjadi salah satu dari 5 local champion onboarding GBBI Sulawesi Selatan 2022 dengan berhasil menyelesaikan 4.000 pesanan dan membukukan transaksi penjualan mencapai

Rp 1,5 Miliar dan mendapatkan rating 5,0 dari pelanggan di Tokopedia.

iii. One-on-one meeting Pembiayaan UMKM Unggulan Kalimantan Selatan

Kegiatan one-on-one meeting UMKM telah diselenggarakan bekerjasama dengan Himbara Provinsi Kalimantan Selatan dan Bank Syariah Indonesia dengan mengundang UMKM mitra/binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan yang tertarik mengajukan pembiayaan sesuai dengan kebutuhan dan menghasilkan beberapa business matching pembiayaan UMKM. Sebagai hasil, terdapat 6 UMKM binaan BI Kalsel yang telah mengajukan pembiayaan baru di tahun 2022 dengan nominal lebih dari Rp 500 Juta Rupiah.

iv. Showcasing UMKM Unggulan Kalimantan Selatan

Kegiatan showcasing UMKM Unggulan Provinsi Kalimantan Selatan telah diselenggarakan sepanjang tahun 2022, baik secara online maupun offline a.l. Karya Kreatif Borneo Feb 2022, Side Events W20 Kalimantan Selatan Mar 2022, GKN Expo Mar 2022, Co-Host GBBI Bangka Belitung Mei 2022, KKI Online & Offline Mei 2022, Festival Ekonomi Syariah Juni 2022, dan showcase di Galeri Bandara UMKM di Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru dengan total transaksi hampir mencapai Rp 1 Miliar Rupiah.

v. Capacity Building UMKM Unggulan Kalimantan Selatan

Berbagai diskusi telah dilakukan sebagai bentuk pendampingan untuk meningkatkan kapasitas UMKM Kalimantan Selatan. Secara garis besar pendampingan meliputi digital literacy, financial literacy, dan certification assistance.

C. Dukungan Bank Indonesia dalam Penyelenggaraan GBBI “Warna Warni Kalimantan Selatan”

• Beberapa dukungan yang diberikan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan dalam penyelenggaraan kegiatan GBBI “Warna Warni Kalimantan Selatan” adalah:

i. Pameran UMKM yang akan menampilkan beragam produk UMKM Unggulan Kalimantan Selatan di bidang fesyen & aksesoris, home decoration, dan makanan & minuman yang telah terkurasi.

ii. Investor Gathering yang akan dibungkus dalam kegiatan bincang santai di tanggal 22 Juli 2022. Kegiatan yang dinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan didukung oleh KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan ini akan mengundang Pejabat di tingkat Kementerian, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Bank Indonesia serta pelaku usaha / potensial investor di Kalimantan Selatan untuk membahas mengenai potensi investasi di Kalimantan Selatan, khususnya dalam kaitannya dengan upaya pengembangan UMKM

iii. Fashion Show bekerjasama dengan fashion designer Wignyo Rahadhi dan local designer Kalimantan Selatan Didi Diandra yang menampilkan berbagai wastra khas Kalimantan Selatan.

iv. Atraksi dan Hiburan, meliputi :

Artis Nasional a.l. Fathur (Ex-Java Jive) 22 Juli 2022, Repvblik (Artis Nasional) 23 Juli 2022, dan Aria Dinata (Ex-Vokalis Samson) 24 Juli 2022.

Happening Arts menampilkan pertunjukan kesenian tradisional yang dibalut dengan atraksi kekinian dengan memanfaatkan tata panggung, tata suara, tata cahaya dan LED untuk memberi kesan tersendiri bagi penonton. Melibatkan beragam etnis yang ada di Kalimantan Selatan, pertunjukan ini akan bertema indahnya ‘Warna-warni Kalimantan Selatan’ termasuk potensi kelautan dan perikanan di Kalsel.

Karnaval Perahu Hias yang akan menyusuri sungai Martapura dan menjadi latar belakang lokasi opening ceremony.

Pojok Kopi yang menyajikan berbagai specialty coffee khas Kalimantan Selatan, serta Berbagai atraksi dan hiburan lainnya.

D. Tindak Lanjut Pasca Penyelenggaraan GBBI “Warna Warni Kalimantan Selatan”

• Adapun beberapa kegiatan paska penyelenggaraan kegiatan GBBI “Warna Warni Kalimantan Selatan” a.l.

i. Pendampingan peningkatan kualitas produk UMKM Unggulan Kalimantan Selatan dan mendorong terciptanya industri fashion berbasis UMKM di Kalimantan Selatan, bekerjasama dengan berbagai pihak i.e. Fashion designer dan top brand nasional

ii. Terus mendorong pendampingan business matching UMKM Kalimantan Selatan dengan pasar retail modern dan optimalisasi pemanfaatan e-commerce.

iii. Promosi UMKM Kalimantan Selatan go ekspor melalui penyelenggaraan PAMOR BORNEO (Program Akselerasi UMKM Berorientasi Ekspor BORNEO), yang direncanakan untuk diselenggarakan di Jepang pada Bulan Agustus 2022 (Rilis BI)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Print Friendly, Pdf & Email