Masyarakat Medan Selayang Apresiasi Gercep Wali Kota Medan Tangani Covid-19

  • Bagikan
Masyarakat Medan Selayang Apresiasi Gercep Wali Kota Medan Tangani Covid-19

Liputan4.com, Medan – Gerak cepat (gercep) Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M. dalam mewujudkan lima program prioritas kian hari kian dirasakan oleh masyarakat Kota Medan. Salah satu yang menjadi program prioritas Wali Kota Medan adalah penanganan covid-19. Teranyar Wali Kota Medan mengisolasi dua lingkungan yang ada di Kota Medan diantaranya lingkungan VII, kel. Gedung Johor, Kec. Medan Johor dan lingkungan X, Kel. Tanjung Sari, Kec. Medan Selayang.

Sebagai tindak lanjut isolasi lingkungan tersebut, Wali Kota Medan menginstruksikan jajaran Kecamatan untuk melakukan tracing terhadap warga sekitar yang di isolasi. Instruksi ini pun direspon cepat oleh pihak Kecamatan salah satunya ialah jajaran Kecamatan Medan Selayang yang dengan sigap melakukan tracing terhadap masyarakat. Kecamatan Medan Selayang bekerjasama dengan Puskesmas Medan Selayang melakukan tracing terhadap masyarakat yang lingkungannya di isolasi kemudian dilanjutkan dengan melakukan swab test antigen terhadap masyarakat yang lingkunganya di isolasi dan juga masyarakat dari lingkungan pendamping. Sedikitnya ada 200 warga yang ditargetkan melakukan swab test antigen.

Salah seorang warga Waginem usai melakukan swab test antigen pada Kamis (3/6) mengaku senang dengan adanya swab test antigen yang dilakukan Pemko Medan. Sebab dengan dilakukanya swab test tersebut akan diketahui siapa saja warga yang terkonfirmasi covid-19 sehingga dapat dengan cepat diambil tindakan isolasi.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Wali Kota Medan beserta seluruh jajaran Kec. Medan Selayang yang dengan cepat melakukan tracing kepada kami masyarakat Kecamatan Medan Selayang, sebagai warga kami menjadi lebih tenang dan tidak perlu khawatir lagi karena setelah dilakukan swab bisa diketahui siapa saja warga yang terpapar covid-19, mudah-mudahan tidak ada lagi warga yang terpapar,” harapnya.

Sementara itu Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis, S.STP., M.S.P. yang ditemui dilokasi swab dijalan Bunga Melur, menjelaskan pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sehingga apa yang menjadi program prioritas dari Bapak Wali Kota Medan benar-benar dapat langsung dirasakan masyarakat.

“Semangat Bapak Wali Kota Medan yang ingin memberikan perubahan untuk kota Medan harus bisa kami imbangi dengan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat sehingga masyakat dapat merasakan langsung program yang telah dicanangkan oleh Bapak Wali Kota Medan,” kata Sutan Tolang Lubis.

Terkait masalah penanganan covid-19 khususnya di Kec. Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis menjelaskan bahwa jajaranya secara intens melakukan patroli prokes setiap harinya di tempat-tempat umum. Secara persuasif jajarannya terus menghimbau dan mengingatkan masyarakat dan pelaku usaha untuk patuh terhadap 5M diantaranya menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas serta interaksi.

“Himbauan ini terus kita lakukan agar masyarakat dan pelaku usaha ini memiliki kepedulian dalam rangka turut serta mencegah penyebaran covid-19 dengan wajib mentaati protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Sutan Tolang Lubis.

Sutan Tolang Lubis juga menambahkan saat ini jajaran Kecamatan Medan Selayang bekerjasama dengan UPT Puskesmas Medan Selayang terus menggalakan program vaksinasi covid-19 kepada warga khususnya terhadap lansia, pelayanan publik dan juga tenaga pengajar.

“Program vaksinasi terus kita lakukan, sesuai dengan target yang telah ditentukan kita memfokuskan vaksinasi terhadap lansia, pelayan publik dan tenaga pengajar,” kata Sutan menambahkan.

Disamping itu, lanjutnya lagi saat ini tengah dilakukan isolasi di lingkungan sepuluh Kelurahan Tanjung Sari sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Pemko Medan sebagi zona merah penyebaran covid-19. Isolasi lingkungan ini dijaga ketat oleh pihak Kecamatan dengan mendirikan dua posko yang dijaga selama 24 jam, hal ini dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran virus covid-19 agar tidak semakin meluas.

“Alhamdulillah upaya yang kita lakukan ini membuahkan hasil, dari sebelumnya ada 12 warga dari 7 rumah yang terpapar covid-19, kini hanya tinggal 6 warga dari 4 rumah yang masih terkonfirmasi covid-19, sedangkan 6 orang lainya sudah dinyatakan sembuh,” jelas Sutan Tolang Lubis.

Upaya lainya yang dilakukan Kecamatan ialah dengan melakukan 3T (testing, tracing, treatment) terhadap warga sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di wilayah Kecamatan Medan Selayang.

Terkait masalah kebersihan lingkungan yang juga menjadi program prioritas dari Wali Kota Medan, Camat Medan Selayang menyampaikan bahwa jajaranya tanpa henti mengajak warga Kecamatan Medan Selayang agar turut aktif menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Ini menjadi salah satu fokus kita mewujudkan program Bapak Wali Kota Medan dengan menjadikan wilayah Medan Selayang bersih dan indah, kita mengajak masyarakat untuk berperan menjaga kebersihan lingkunganya, Kepling juga kita perintahkan untuk intens memantau kebersihan wilayahnya,” ujar Sutan Tolang Lubis.

Sedangkan terkait masalah banjir, pihak Kecamatan Medan Selayang terus berupaya mencegah terjadinya banjir di wilayah Kecamatan Medan Selayang. Upaya tersebut dilakukan dengan cara rutin melakukan pengorekan drainase oleh petugas P3SU yang ada di Kecamatan dan Kelurahan.

“Secara rutin kita lakukan pengorekan dan pembersihan drainase yang ada agar tidak ada drainase kita yang tersumbat yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir dan genangan air,” jelasnya.

Terakhir, Sutan Tolang Lubis mengajak seluruh warga Kecamatan Medan Selayang untuk mendukung setiap program pembangunan Pemko Medan sehingga apa yang menjadi program prioritas Wali Kota Medan dapat segera terwujud.(JB/Kom).

 

 

Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan