News  

Masyarakat Desa Wewo, Krisis Air Bersih

Manggarai,Liputan 4.com-Dari Tahun 2017 sampai tahun 2020, masyarakat Desa Wewo,Kecamatan Satarmese,Kabupaten Manggarai,Nusa Tenggara Timur, mengalami krisis air bersih.

“Dari tahun 80-an sampai tahun 2015 program air minum bersih yang dibangun oleh Yayasan dian Desa mengalir lancar, ketika hadirnya program  pansimas dikalangan masyarakat wewo, membuat masyarakat desa wewo  krisis air bersih, memang programnya baik tetapi kalah dalam pengelolaan dan kurangnya kesadaran masyarakat Desa Wewo, Ujar Sil P, salah satu tokoh masyarakat desa Wewo,(20/01/20).


“sekarang masyarakat desa Wewo menimba air untuk memenuhi kebutuhuan sehari harinya di kali Wae Poang , yang sebenarnya tidak layak dikosumsi dan yang anehnya hari ini pemerintah desa yang sebagai penggerak sangat kurang,  yang melanda masyarakat wewo.

KULIAH GRATIS BEASISWA

Sudah ada bangunan bak air, dalam rangka untuk menfasilitasi air untuk masyarakat wewo, tetapi bangunan itu mubaziir dan diluar dari harapan masyarakat wewo hari ini, sehingga masyarakat wewo resah dan geram dengan pemda dan pemdes.

“Dan kebenaran itu diakui oleh salah satu perwakilan aparat desa (mantan kepala Desa Wewo), Bahwa benar Desa Wewo hari ini sedang mengalami krisis air hal itu disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat Desa Wewo akan air bersih, dan desa sudah lama mengusulkan kepada PDAM untuk PAMkan air di Desa Wewo,  dan PDAM sudah turun survei lokasi dan mereka akan siap untuk hadirkan PAM di Desa Wewo, ujar Petrus, kepada Liputan 4.com, melalu via telephone (21/01/20).