Mapolres Palas Lakukan Reka Ulang 22 Adegan Kasus Pembunuhan Desa Tanjung Baringin Kec. Sosa

Mapolres Palas Lakukan Reka Ulang 22 Adegan Kasus Pembunuhan Desa Tanjung Baringin Kec. Sosa

 

Liputan4.com  Sumut
Palas-Rekonsitruksi korban pembunuhan atas nama Samsul Bahri, yang di lakukan AMH alias Amir sabtu tanggal 18/12-2021 di Desa Gunung Baringin Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (PALAS) Provinsi Sumatera Utara (SUMUT) .hari ini selasa 11/01-2022 dimulai kisaran pukul 10.00.wib sampai selsai.dilakukan reka ulang di Mapolres Palas.


Hal tersebut di sampaikan Kapolres Padang AKBP. Indra Yanitra Irawan SIK. Msi kepada Media ini,melalui Kasat Reskrim AKP. Aman B Putra SH. Kasat mengatakan. Dari reka ulang tersebut terdapat 22 adegan didalam rekonstruksi tersebut.awal reka ulang diperagakan tersangka masuk kedalam toko milik korban, didepan steling saat itu saksi Fatima Mendrofa berada melihat dengan jelas kejadian pencurian tersebut, dimana jarak antara pelaku dan saksi hanya berbatas steling, dan saksi Fatima memegang 2 unit hepone (Hp) isi pulsa dengan posisi tangan di atas steling’, katanya.

Mapolres Palas Lakukan Reka Ulang 22 Adegan Kasus Pembunuhan Desa Tanjung Baringin Kec. Sosa

 

Menurut keterangan saksi, tersangka mengambil 2 unit hp dari tangan saksi Fatima Mendrofa yang ada di atas steling. Setelah mengambil hp dari steling tersangka langsung melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor honda beat warna hitam tanpa TNKB kearah desa Pasar Ujung Batu.

Kejadian di toko korban An. Samsul Basri Nasution dan Samsul mengejar pelaku dengan menggunakan sepeda motornya dan bertemu di desa Pasar Ujung Batu, korban bersama dengan Bambang Rahmadani mengejar menggunakan sepeda motor Nmax milik korban dimana korban yang mengemudi, dan Bambang yang dibonceng ke arah pasar. Tersangka diikuti oleh Samsul dan Bambang, dan bertemu di rumah makan holat Desa Ujung Batu Kec. Sosa Kab. Palas, dimana korban berhenti di pinggir jalan. Korban meminta Hp yang di ambil pelaku dengan mengatakan “kembalikan hp itu, namun tersangka tetap tidak berhenti dan tidak tidak di hiraukan pelaku , ujar Kasat.

Mapolres Palas Lakukan Reka Ulang 22 Adegan Kasus Pembunuhan Desa Tanjung Baringin Kec. Sosa

Lanjut Kasat, Akhirnya tersangka mengembalikan 2 unit hp yang diambil dari toko korban dan diberikan kepada Samsul di atas sepeda motor masing masing. Pelaku kemudian mendahului korban dan langsung berangkat menuju arah rumahnya. Sedangkan korban, Bambang dan Samsul berhenti di pasar sekitar 5 menit. Sesampai di rumahnya di Desa Gunung Baringin langsung memarkirkan sepeda motor di depan rumah. Dan mengambil 2 kampak dan 2 tojok. Lalu tersangka menunggu korban Bambang dan Samsul melintas dengan memegang kampak di kanan dan tojok di pegang di tangan kiri dengan maksud bila melintas akan langsung dikampaknya , Terang Aman.

Ketika Bambang dan Samsul melintas di depan rumah tersangka,t lalu tersangka memegang kampak ditangan kanan yang di angkat sejajar kepala dan tojok di tangan kiri mengarah tanah. Seketika itu juga tersangka menganyunkan kampak yang dipegangnya menggunakan tangan kanan kearah leher korban dan saat itu leher korban langsung mengucurkan berdarah. Sementara korban dan Bambang posisi masih di atas sepeda motor dan ahirnya terjatuh ke tanah arah kiri. Lalu tersangka membuang kampak dan tojok ke pot bunga usai menebas leher korban. Melihat situasi korban terjatuh, Bambang memegang korban sambi memastikan situasi, dan korban tidak bergerak lagi, lalu membawa ke puskesmas, Ahirnya korban dinyatakan meninggal dunia ‘, tutup Aman, kasatskrim polres Palas..

Terkait kasus ini, kata ,’Aman, penyidik yang menangani Iptu. M Taufik Siregar telah menarapkan pasal yang di sangkakan kepada pelaku pembunuhan atas nama Amir adalah uu no. 338 KUHP

 

Tindak pidana pembunuhan diatur dalam Pasal 338 KUHP, yaitu: “Barang siapa sengaja merampas nyawa orang lain, diancam, karena pembunuhan, dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun.Kata AKP. Aman B Putra Kasat Reskrim Poles Palas. (sbn)