x

Mantap! Siswa SMA Negeri 1 Wonogiri Diterima UGM Melalui Jalur Prestasi

waktu baca 2 menit
Rabu, 17 Mei 2023 17:25 0 1269 SARNO

Liputan4.com, Wonogiri – Mukhollish Wira Prasojo atau yang akrab disapa Wira, siswa dari SMA Negeri 1 Wonogiri Jawa Tengah
meraih prestasi yang membanggakan. Wira diterima di Universita Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melalui jalur prestasi sekaligus seorang Duta Parlemen Remaja DPR RI Dapil IV Jawa Tengah 2022.

Wira mengikuti kegiatan tersebut pada 10 – 14 Oktober 2022 di Wisma DPR RI, Puncak-Bogor dan Kompleks MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Parlemen Remaja adalah program pelatihan dan pendidikan demokrasi untuk Siswa/i SMA/SMK/MA se-Indonesia yang diselenggarakan Sekretariat Jenderal DPR RI.

Proses seleksi Parlemen Remaja Nasional ini dilakukan berdasarkan penilaian CV sebesar 25%, esai sebesar 40%, dan penilaian video 35%. Di tahun 2022, Parlemen Remaja mengusung tema “Generasi Sadar Privasi, Dataku Tanggung Jawabku”.

Proses seleksi telah dilaksanakan pada tanggal 20 sampai dengan 29 Agustus 2022 lalu, dan kemudian terpilihlah sebanyak 132 Parja dari lebih 4000 pendaftar yang mewakili Dapil seluruh provinsi di Indonesia.

Dalam kegiatan simulasi rapat DPR RI, para parlemen remaja dapat secara langsung merasakan bagaimana berlangsungnya proses demokrasi dan cara kerja yang ada di Gedung DPR RI.

Di kesempatan yang lain, di saat kegiatan kunjungan kerja, para parlemen remaja bisa berkunjung secara langsung dengan 3 tempat mitra kunjungan kerja yaitu Google, Tokopedia, dan Badan Pusat Statistik (BPS) RI.

Tidak hanya itu, Wira mangaku diberi kesempatan lebih untuk menduduki kursi pemerintah sebagai Menteri Hukum dan HAM Parlemen Remaja 2022.

Prestasi Duta Parlemen Remaja DPR RI 2022 ini juga menghantarkan Wira diterima di PTN yaitu Universitas Gadjah Mada melalui jalur prestasi (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi). Wira diterima di kampus terbaik nomor 1 Indonesia menurut QS World University Rankings 2023 dengan fakultas Kehutanan.

Ia mendapatkan pengumuman diterima melalui jalur prestasi pada tanggal 28 Maret 2023 yang ditetapkan oleh SNPMB.

Wira mengaku sangat bangga dan bersyukur dapat terpilih menjadi Duta Parlemen Remaja DPR RI 2022 mewakili Dapil IV Provinsi Jawa Tengah sehingga dapat diterima di Universitas impianya melalui jalur prestasi tanpa tes.

Wira juga mengaku senang  dapat bertemu dan mengenal berbagai teman yang ada di seluruh penjuru nusantara.

“Sungguh kehormatan besar bagi saya remaja asal Wonogiri Jawa Tengah untuk menjadi perwakilan Parlemen Remaja Jawa Tengah, terkhusus Daerah Pemilihan IV. Senang sekali dapat mengenal seluruh teman-teman dari daerah pemilihan yang tersebar di Indonesia serta merasakan menjadi Anggota Dewan sekaligus Menteri Hukum dan HAM,” kata Wira kepada liputan4.com, Rabu (17/5/2023).

“Alhamdulillah berkat piagam parlemen remaja 2022 dari sekjen DPR RI saya bisa diterima di Universitas Gadjah Mada jalur prestasi tanpa tes,” pungkasnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x