PPDB KOTA MEDAN 2022

Malam Anugerah Patriot Olahraga, KONI dan Pemda Mimika Berikan Penghargaan Kepada Atlet dan Pelatih Peraih Medali PON

TIMIKA | Malam anugerah  patriot oleh  Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) kabupaten Mimika.  KONI Mimika  memberikan bonus kepada para atlet dan pelatih dari sejumlah cabang olahraga yang berprestasi pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 lalu, dan memberikan penghargaan kepada para koordinator Panitia Sub PB PON 2021 Kabupaten Mimika, Papua Kamis, (23/02/2022).

Pemberian bonus dan penghargaan kepada panitia Sub PB PON Mimika dikemas dalam sebuah acara bertemakan  ‘Apresiasi PB PON 2021 Sub Mimika dan Patriot Olahraga Kabupaten Mimika’.


KONI Mimika memberikan bonus serta  uang pembinaan kepada para atlet yang  telah menyumbangkan  medali emas, perak dan perunggu serta bonus kepada pelatih dan asisten pelatih dari cabor – cabor yang yang juga turut andil dalam menyumbangkan medali pada PON 2021 lalu.

Untuk medali emas perorangan diberikan Rp 50 juta, emas beregu Rp 40 juta, perak perorangan Rp 30 juta, perak beregu Rp 30 juta, pelatih emas Rp 25 juta, dan pelatih peraih medali perak Rp 15 juta. Jumlah hadiah sebesar Rp 350 juta.

Ditambah lagi untuk pelatih dan asisten pelatih, sehinggah  dari total uamg tunai yang dberikan  berjumlah  Rp 765 juta.

Sementara untuk  atlet atlet dari cabang olahraga yang berprestasi dan berhak mendapatkan bonus diantaranya, dari Cabang Olahraga Pencak Silat menyumbang emas,  Muathay menyumbang emas, Futsal mempersembahkan medali emas, cabor Sepakbola meraih medali emas, Tinju berhasil meraih emas dan perak serta cabor Rugby mendapatkan medali emas putra dan perak untuk rugby putri.

Dalam sambutanya,  Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Mimika, Michael R Gomar,S.STP,M.Si mewakili Bupati Mimika, Dr.  Eltinus Omaleng,SE,MH dalam sambutannya  mengapresiasi kepada para atlet dan pelatih yang telah mengharumkan nama Provinsi Papua dan lebih khusus kabupaten Mimika atas keberhasilan dalam meraih medali  di PON XX 2021.

“ Pemerintah Daerah dalam hal ini  mengapresiasi kepada para atlet yang telah mengharumkan nama kabupaten Mimika, dan kepada para atlet agar terus berjuang dengan talenta yang dimiliki dan dapat terus mempertahankan prestasi yang sudah diraih ,” tandas Michael Gomar.

Gomar yang juga Ketua KNPI Kabupaten Mimika  berharap  agar apa yang telah diraih  oleh para atlet atlet dalam PON 2021 lalu dapat dijabarkan dan disalurkan kepada seluruh pemuda dan pemudi di Kabupaten Mimika.

“Pemerintah daerah juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia SUB PB PON Mimika yang atas loyalitas kerjanya sehingga mampu sukses dan lancar dalam melaksanakan perhelatan PON 2021

“ Tentunya Pemerintah Kabupaten Mimika  mengucapkan terimakasih atas pencapaian yang sudah kita raih,  ini juga berkat dukungan semua pihak  baik TNI – Polri,  OPD, pihak Swasta dan Masyarakat. Sehingah pada PON kemarin dapat terlaksana tanpa kendala apapun,” ucapnya.

Sementara itu,  Sekretaris Umum SUB PB PON 2021 Kluster Mimika, Cesar Avianto Tunya, SH,. MH,M.Si mengakui bahwa semua kalangan menyatakan dan mengakui kalau kabupaten Mimika sukses dalam menggelar pelaksanaan PON.

“Kita ada dua kegiatan apresiasi dimalam hari ini, pertama untuk panitia Sub PB PON Mimika dan apresiasi untuk patriot olahraga. Suksesnya pelaksanaan PON  di Mimika karena adanya kerja sama dan dukungan penuh dari bupati Mimika,  Pemkab Mimika, seluruh Forkopimda, Kapolres, Dandim, Ketua Pengadilan dan Kepala Kejaksaan dan seluruh stockholder dan elemen masyarakat. Kolaborasi dan sinergitas ini sangat terasa dan seluruh panitia. Semuanya telah bekerja keras,” aku Cesar.

Cesar mengatakan  bahwa pembinaan atlet untuk dapat berprestasi memang bagian dari tanggungjawab KONI Mimika yang telah kita persiapkan sejak 2018 untuk mengikuti Training Center (TC) dengan jumlah 68 atlet saat itu.

“Adapun bentuk dukungan KONI kepada para atlet berupa pemberian insentif atau uang saku tambahan sebesar Rp 1,5 juta perbulan, sehingga total para atlet Mimika yang mengikuti TC PON totalnya mendapatkan Rp 4 juta. Dan ini merupakan kebijakan Ketua Umum KONI Mimika dalam hal ini Bupati Mimika. Itu sebagai motivasi untuk mereka, dan semua atlet yang TC hanya kabupaten Mimika yang kasih uang saku tambahan, dan mala mini bonus tambahan juga dari Pemda Mimika,”tutur Cesar.

Sementara Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata menyampaikan terima kasih atas dukungan dari semua kalangan sehingga jajaran Kepolisian dibantu TNI dapat mengawal dan mengamankan jalanya pelaksanaan PON sehingga bisa terlaksana dengan baik.

“Saya tidak sadar kalau pelaksanaan PON sudah selesai, tanpa disadari kita sudah sudah bangun berbagai venue, sudah bangun jalan besar. Semua sudah bekerja, TNI-Polri bersatu untuk suskes dan melalui pelaksanaan PON tersebut semua kita bisa saling kenal. Dengan ini kita menjadi hal yang luar biasa, jadi semangat pelaksanaan PON tetap harus dipertahankan,” ucap Kapolres.

Berikut  atlet dan pelatih serta asisten pelatih asal kabupaten Mimika dari Cabor yang mempersembahkan medali emas, perak dan perunggu: Abdurahman (Muathay) meraih emas, Suhardin Ifu (Pencak Silat) meraih medali emas kategoru seni garuda putra, Ona Pais dari Cabor Tinju medali emas kelas 43 kg, Sartiel Rumaropen dari Cabor Tinju medali perak kelas 46 kg.

Ronald Demena cabor Rugby Putra meraih emas, Yakob Beanal cabor Rugby medali emas, Sisilia Soway cabor rugby putri medal perak, J Namsa dari Cabor Rugby medali perakLive Dedey dari cabor rugby putri. Nelson Sesa dari Cabor Futsal medali emas, Rivaldo dari Cabor Futsal medali emas,Daniel Laitana cabor futsal medali emas.

Calvin Rering dari cabor Sepakbola meraih medali emas, Firman Syahbas  cabor sepakbola medali emas. Sementara untuk apresiasi kepada para pelatih diantaranya, Percy Rumere asisten pelath Cabor Tinju, Saveriri Wamrauw Asisten Pelatih dari Cabor Muathay, Agustinus asisten fisik Rugby dan George Deda pelatih kepala Tim Rugby Papua meraih medali emas. (Ochen)

 

Print Friendly, Pdf & Email